Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BI Jabar Deklrarasi Konsorsium Halal Centre Jawa Barat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32358.jpg

    BANDUNG–Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Kegiatan Deklarasi Halal Center Jawa Barat Dan Pelatihan Sertifikasi Halal UMKM, PKL dan Kopontren, Selasa (25/3/2019).

    “Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk perwujudan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah KPw BI Provinsi Jawa Barat tahun 2019 khususnya dalam rangka pengembangan halal value chain di Jawa Barat,” kata Kepala Perwakilan BI Jabar Doni P Joewono.

    Rangkaian kegiatan diselenggarakan selama dua hari dan diawali dengan Pencanangan dan Penandatanganan Deklarasi Konsorsium Halal Center se-Jawa Barat untuk Menjadikan Jawa Barat sebagai Pionir Gerakan Sertifikasi Halal Nasional.

    Menurutnya, kondisi pertumbuhan kinerja ekonomi dan keuangan syariah dunia yang pesat dengan didukung oleh strategi pengembangan industri syariah yang tepat, maka kedepan Indonesia diharapkan tidak hanya berperan sebagai market terbesar namun juga dapat menjadi produsen terbesar di sektor industri halal.

    Di Jawa Barat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat telah aktif mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah sejak tahun 2013. Di tahun 2018 lalu, berbagai kegiatan telah dilaksanakan seperti Festival Ekonomi Syariah Regional Jawa, Program Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren, Pilot Project Program PUSPA 2.0, Program Wisata Halal, dan Program IKRA (Industri Kreatif) Halal.

    Melanjutkan berbagai upaya tersebut, pada tahun 2019 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat memiliki 5 (lima) program unggulan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Barat, antara lain : Program Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren; Program PUSPA (Pendampingan UMKM Syariah oleh Praktisi dan Akademisi); Program IKRA (Industri Kreatif) dalam rangka Penguatan Halal Value Chain; Program Sertifikasi Halal bagi UMKM, dan Program Pengembangan Pariwisata Halal.

    Pelatihan Sertifikasi Halal bagi para Pelaku UMKM, Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Koperasi Pondok Pesantren dengan penuh semangat. Antusiasme peserta pelatihan sangat besar, yang tercermin dari tingginya minat pendaftar yang mencapai 800 pelaku UMKM dalam dua hari pembukaan pendaftaran.

    “Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan para pelaku UMKM agar dapat memenuhi berbagai persyaratan dan mengetahui secara mendalam proses pra-sertifikasi halal. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk semakin mendukung pengembangan ekonomi syariah agar visi “Jawa Barat sebagai Poros Pendidikan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia” dapat segera terwujud,” tutupnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus