Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Untuk Penyelesaian TKI Bermasalah, Jabar Harapkan Diberikan Peran Lebih

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/hening-widiatmoko1.jpg

    BANDUNG- Hingga saat ini diakui, kondisi TKI yang bermasalah di negara-negara yang selama ini menjadi tujuan para TKI seperti negara Timur Tengah masih saja terjadi baik berupa kasus hukuman yang menimpa TKI maupun kasus kematian TKI yang tidak jelas faktor penyebabnya. Untuk menyelesaikan masalah tersebut Jabar diharapkan diberikan peran lebih, ungkap Kadis Nakertrans Jabar, Hening Widiatmoko dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Sate (18/10).

    Hening lebih lanjut mengatakan selama ini peran Pemerintah di tingkat Provinsi di Jabar dalam proses pemberangkatan TKI hanya dalam tahapan pra penempatan. Dalam rangka menyelesaikan TKI yang bermasalah tentunya peran Pemerintah di tingkat Provinsi dinilai juga diperlukan mulai pra penempatan, penempatan sampai dengan pemulangan.

    Gagasan atas harapan tersebut sangat realistis karena pihak Pemerintah Provinsi setidaknya mengetahui data awal TKI yang berangkat karena data TKI yang berangkat yang dihimpun oleh Kabupaten/Kota sekarang harus dilaporkan kepada pihak Pemerintah di tingkat Provinsi. Perluasan peran Pemerintah di tingkat Provinsi juga sudah direalisasikan di Jatim.

    Fakta-fakta tersebut sudah menunjukkan alasan kuat bagi Pemprov. Jabar untuk diberikan peran lebih dalam menyelesaikan TKI, apalagi melihat kasus yang terjadi saat ini jumlah TKI yang tersandung masalah dari Jabar lebih banyak ketimbang dari Jatim.

    Diperluasnya peran Pemerintah di tingkat Provinsi dalam menyelesaikan masalah TKI, ujar Hening diharapkan dapat diakomodir oleh pemerintah bersama DPR RI yang kini akan merevisi UU Nomor 39 Tahun 2004. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus