Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Siapkan Rencana Aksi Daerah Atasi TBC

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32604.jpg

    BANDUNG – Pemprov Jawa Barat terus menyatakan komitmennya untuk penangulangan tuberkulosis (TBC) dengan launching Rencana Aksi Daerah (RAD) TBC bertepatan dengan peringatan hari TB tingkat Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Senin (8/4).

    Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan Indonesia ikut meratifikasi  kesepakatan elmiminasi TBC pada tahun 2030, sehingga perlu kerja keras pemerintah dan masyarakat untuk membasmi TBC hingga tuntas.

    “Kini saatnya Indonesia bebas dari TB, Jawa Barat bebas dari TBC, dimulai dari Saya,” tegasnya.

    Ia mengatakan setiap orang perlu memeriksakan dirinya sendiri untuk mengetahui apakah terjangkit atau tidak, sebab kebanyakan kasus TBC diketahui setelah sakit parah.

    Saat ini, di Indonesia terdapat sekitar 840 ribu penderita TBC, dimana sebanyak 120 orang berada di Jawa Barat. Namun hanya 50 persennya saja yang sedang menjalani pengobatan, sisanya perlu didorong agar mau berobat.

    “Kendalanya tidak mau berobat, baru berobat kalau sudah parah. Makanya mulai dari diri sendiri memeriksakan TBC,” tegasnya.

    Saat ini baru lima daerah yang sudah memiliki rencana aksi daerah TBC, Iwa berharap seluruh daerah di Jabar juga mengikuti.

    Sementara itu Dinas Kesehatan Jawa Barat telah melakukan beragam kegiatan untuk mengurangi pasien TBC. Misalnya melakukan pemeriksaan kepada 800 orang lebih penderita  gejala TBC di sembilan daerah di Jawa Barat. Dari jumlah tersebut diketahui sebanyak 41 positif TBC.

    Dinkes Jabar juga terus melakukan penyebaran informasi terkait upaya pencegahan dan pengobatan penyakit TBC. Sebab perlu waktu yang panjang bagi penderita untuk bisa bebas dari TBC. Selain launching, acara dilanjukan dengan talkshow. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus