Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kades Sasagaran Sosialisasikan Dana Desa Tahun Anggaran 2019

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32608.jpg

    Pemerintah Desa Sasagaran Kecamatan Kebonpedes menggelar Sosialisasi Dana Desa sasagaran tahun anggaran 2019 di Jalan Raya Bojonggaling Sasagaran KM 8 No.10 Kebonpedes Sukabumi, Selasa (2/4).

    Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Kebonpedes Ali Iskandar, dalam sambutannya Camat menyampaikan bahwa desa sasagaran adalah desa kedua di Kecamatan Kebonpedes yang mendeklarasakan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa Sasagaran.

    "Kegiatan Sosialisasi anggaran ini adalah wujud nyata keterbukan untuk membangun desa, hasil sosialisasi inilah yang dilaksanakan oleh desa sasagaran" jelasnya

    Menurut Ali Iskandar Prinsip pemberdayaan itu bertumpu pada kekuatan partisipasi,

    "Era keterbukaan seperti sekarang banyak yang harus kita ajak dan dilibatkan sehingga pembangunan nyata dan dirasakan manfaarnya oleh masyarakat, kolaborasi pentahelix perlu dilibatkan dalam pembangunan dimulai dari akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas dan media" tambahnya.

    Camat menjelaskan bahwa Masyarakat harus mengetahui pembangunan yang akan di jalankan, sehingga menurutnya, didistribusi informasi menjadi penting, baik melalui media sosial, media masa atau media informasi lainya"

    "Tugas Camat adalah melakukan pembinaan dan pengawasan, sehingga sebelum dana desa di gunakan maka harus di tuangkan dan disepakati bersama dalam APBDes, dan Bupati Sukabumi (H.Marwan Hamami) melaui Camat melakukan evaluasi tahun berjalan atau evaluasi ditahun sebelumnya" pungkasnya.

    Ditempat yang sama, Kepala Desa sasagaran Udan Abdullah menyampaikan bahwa sumber anggaran APBDes Sasagaran tahun 2019 sejumlah Rp. 1.504.585.500,- Dana Desa tersebut di dapat dari ;Pendapatan Asli Desa (PAD) Rp. 10.000.000, serta Dana pendapatan lain yang sah seperti;
    Dana Desa (DDS) Rp. 792.752.000, Dana bagi Hasil Pajak dan Retribusi (DBH) Rp. 95.897.300,- Alokasi Dana Desa (ADD) Rp. 472.560.800. Bantuan keuangan Propinsi (PBP) Rp. 127.288.000,
    Bantuan Keuangan Kabupaten. Rp. 6.087.400,-

    Sementara untuk realisasi penggunaan anggaran di tahun 2019 akan di realisasikan dan dijalankan sesuai dengan Anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2019.

    " Sosialisasi Dana Desa dimaksudkan untuk menyampaikan secara terbuka kepada masyarakat terkait perencanaan, pembangunan sekaligus penggunaan Dana desa kepada masyarakat"jelasnya.

    Menurut Udan, transfaransi anggaran penting untuk membangun kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap pembangunan,

    " Tahun 2018 kita telah laksanakan dalam bentuk kegiatan fisik juga pemberdayaan masyarakat termasuk kegiatan sosial, pendidikan, dan kesehatan, keterbukan menjadi Ruh Pemerintahan Desa menjadi lebih baik, Kecamatan lebih baik dan Sukabumi yang lebih baik" terangnya.

    Ditempat yang sama Kabid Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kab. Sukabumi, Herdy Somantri, menyampaikan bahwa dalam menjalankan pembangunan masyarakat perlu mengetahui mulai dari planing, budgeting dan reporting

    "Seharusnya memang seperti ini sehingga masyarakat bisa bersama sama mengetahui dan mendukung pembangunan yang akan dilaksanakan di desa, ini akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan akan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menjadikan lebih baik" jelasnya.

    Hadir dalam sosialisasi tersebut Muspika, Babinsa, BPD, LPMD, Tokoh agama, RT/RW dan masyarakat undangan lainnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus