Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tim TPAKD Jabar Dikukuhkan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32654.jpg

    BANDUNG – OJK Jawa Barat hari ini mengukuhan Anggota TPAKD Provinsi Jawa Barat dan Rapat Pleno Penetapan Program Kerja TPAKD Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Gedung Sate, Rabu (10/4).

    Kepala OJK Jabar Triana Gunawan mengatakan akses keuangan yang terbuka dan bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat, sangat berperan penting bagi daerah. 

    “Selain untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, upaya percepatan dan perluasan akses keuangan akan meningkatkan potensi pendapatan, pengelolaan risiko dan mengurangi kemiskinan di daerah,” jelasnya.

    Namun demikian, keterbukaan terhadap akses keuangan banyak dikeluhkan oleh masyarakat yang belum memiliki akses terhadap layanan sektor jasa keuangan formal, terlebih di daerah pedesaan yang jauh dari pusat kota.

    Untuk mengatasi hal tersebut, Presiden Republik Indonesia meminta Industri Jasa Keuangan bersama dengan Pemerintah Daerah untuk bersinergi dalam membuka akses layanan keuangan bagi masyarakat.

    Arahan presiden tersebut segera ditindaklanjuti dengan diterbitkannya Radiogram Menteri Dalam Negeri Nomor T-900/634/Keuda tanggal 19 Februari 2016 tentang Pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah atau TPAKD di Provinsi/Kabupaten/Kota bersama-sama dengan OJK di masing-masing daerah.

    TPAKD merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholders terkait, untuk mendorong peningkatan kontribusi jasa keuangan formal terhadap ekonomi produktif melalui pemberdayaan UMKM, pengembangan ekonomi daerah, dan penguatan sektor ekonomi prioritas. 

    “Dengan telah dikukuhkannya anggota TPAKD Provinsi Jawa Barat tahun 2019 oleh Gubernur Jawa Barat selaku Pembina, seluruh anggota diharapkan dapat berkontribusi dan bersinergi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat,” jelasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus