Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kemeriahan Hadir di Festival Literasi 2019 di Jawa Barat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32740.jpg

    BANDUNG - Bertempat di Halaman Gedung Sate, Gubernur Jawa Barat membuka Fastival Literasi 2019. Festival menghadirkan sejumlah stand dari OPD, Pemkab dan Pemkot se-Jawa Barat serta penerbit buku.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan kebiasaan membaca masyarakat saat ini bergeser pada gadget khsuusnya handphone. Namun sayangnya hanya membaca judul dan tidak mendalam.

    "Pegang hape empat jam sehari, meninggalkan membaca buku. Inilah sebab banyak hoax karena kebiasaan membaca berkurang," ujarnya Sabtu (20/4).

    Namun demikian, menurutnya tidak perlu patah semangat untuk terus meningkatkan posisi literasi di Jawa Barat. Misalnya dengan membuat budaya membaca, dengan mewajibkan anak sekolah mulai dari TK/ Paud, SD dan SMP membaca terlebih dulu sebelum masuk kelas. 

    "Saya akan meminta semua kepala dinas untuk sebulan sekali membaca sebuah buku, nanti harus diresensi, saya akan minta secara acak," ujarnya.

    Ia juga menitipkan infrastruktur literasi yang sudah dibuat seperti Kolecer, perpustakaan desa, perpustakaan keliling untuk terus dipelihara.

    Dalam kesempatan yang sama Bunda Literasi Atalia Kamil mengatakan festival ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan literasi di Jawa Barat.

    "Terinspirasi dari Ibu Kartini yang suka membaca dana menulis, maka tema acara kita adalah Habis Gelap Terbitlah Terang. Dengan membaca dunia menjadi terang benderang," tuturnya.

    Hadir dalam acara tersebut Kepala Bank Indonesia Jawa Barat Doni P Joewono, Dirut Bank BJB Agus Mulyana, Kepala Perpustakaan RI M. Syarief B. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus