Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Diskominfo Adakan Seminar Tech Update

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32805.jpg

    BANDUNG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat melalui dengan Jabar Digital Service mengadakan acara seminar bertajuk Tech Update yang bertempat di Aula Diskominfo lt.4 pada, Jumat (26/04/19).

    Acara ini membahas mengenai Pemanfaatan Big Data di Pemerintah dan Swasta dengan pembicara Setiaji, ST., M.Si selaku Kepala Dinas Diskominfo Jawa Barat serta Rizky Rusdiwijaya selaku Koordinator Bidang Data Pengelola Layanan Digital Provinsi Jawa Barat.

    Setiaji memaparkan, Big Data mempunyai ukuran yang besar dan memiliki karakteristik structural serta type tertentu mulai dari data media sosial dan sebagainya. Alasan mengapa dikembangkannya Big Data ialah karena ingin menangkap data dari sisi behavior.

    “Selama 4 tahun di Jakarta saya mengembangkan Big Data, sudah memasuki tahap 4 yaitu data profiling sehingga setiap individu bisa diketahui seperti bayar pajak, penerimaan subsidi, dan lainnya.” Ujar Setiaji.

    Rizky turut menyampaikan pemaparannya mengenai teknis Big Data di sektor industry. Ia melanjutkan, di era digital ini pertumbuhan data terutama yang dihasilkan dari aplikasi sangat pesat sedangkan penanganannya belum cukup sehingga diperlukan Big Data.

    Terakhir, disimpulkan bahwa ada 3 kata kunci yang penting. Pertama adalah sumber data, melalui Big Data bisa mengambil data internal maupun eksternal. Kedua adalah kolaborasi, pemerintah butuh kerjasama dengan pihak lainnya dalam memperoleh data. Ketiga, analisa apakah Big Data ini berguna atau tidak.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus