Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peneliti BPP Kemendagri Lakukan Uji Petik Desa Digital di Cijengkol

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_32875.jpg

    Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri lakukan kajian/uji petik tentang "Desa Digital" di Desa Cijengkol Sukabumi, Sabtu (20/4)

    Dr. Herie Saksono, Peneliti Madya Bidang Bisnis dan Management BPP Kemendagri menyatakan bahwa Desa Cijnegkol sebagai Desa Digital sangat populer di internet.

    " ketika kami mencari lokus penelitian untuk analisa desa yang memiliki standar digital dalam tatakelola pemerintahannya, maka Desa Cijengkol Kab. Sukabumi kami jadikan sebagai pilihan" terangnya.

    Herie juga menyampaikan strategi kedepan untuk mendukung pengembangan Desa Cijengkol sebagai "Desa digital" yang memiliki semua layanan publik berbasis teknologi digital.

    " bukan hanya benefit tapi juga profit, semuanya menjadi mungkin ketika.kita smeua menggarap dengam serius peluang dunia maya ini, dan itu strategis untuk dikembamgkan demi kesejahteraan rakyat" jelasnya.

    Ia juga mengapresiasi langkah dan kebijakan Bupati Sukabumi (H. Marwan Hamami) yang peka terhadap perkembangan teknologi, sehingga Pemkab Sukabumi melalui Diskomfosan melakukan pendampingan dan pembinaan intensif di Desa Cijengkol bekerja sama dengan pemdes dan Kelompok Informasi masyarakat Cijnegko Bersatu (KIM CIBERS).

    " mengenai epektifitas aplikasi "Smart Cijengkol" yang terkendala blankspot di beberapa wilayah diCijengkol bisa di atasi dengan membangun tower BTS bekerjasama dengan Kementerian Kominfo" lanjutnya dengan antusias.

    Diakhir keterangannya Peneliti BPP Kemendagri tersebut menyampaikan bahwa hasil kajiannya di Desa Cijengkol Sukabumi akan dibawa ke konferensi Internasional yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa tengah bekerja sama dengan Universitas Diponegoro. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

    " tak menutup kemungkinan, hasil kajian ini bisa juga untuk bahan ekspose di konferensi internasional Korea selatan" pungkasnya.

    Kunjungan ini didampingi juga oleh Diskomfosan melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dan Bidang Persandian Keamanan informasi dan Statistik selaku pembina KIM CIBERS dan Desa Digital.

    " sebagaimana arahan pak Bupati, Diskominfosan secara intensif akan terus melakukan pembinaan, bukan di Desa cijengkol saja, tetapi Di desa lainnya yang ada di kabupaten Sukabumi? kata Kasi PoaP, Jejen sujana yang mewakili Bidang IKP.

    demikian juga respon positif ditunjukan pemdes Cijengkol" kami sangat bangga dengan kunjungan ini, semoga menjadi jalan bagi Desa Cijengkol menjadi Desa yang maju dan mensejahterakan masyarakat untuk mewujudkan Sukabumi yang lebih baik" kata Kades Cijengkol, Haer Suhermansyah.

    BPP Kemendagri juga membawaserta mahasiswa IPB dari fakultas kehutanan dan fakultas teknologi yang juga bertujuan mengekplore Desa Digital.

    " ini merupakan kunjungan pertama kali saya ke Sukabumi khususnya ke desa CIjengkol, setelah kami tahu banyak, bisa kami simpulkan Desa Cijengkol merupakan desa yang menakjubkan, karena sudah menginisiasi ke desa-desa lain menjadi desa digital, potensinya banyak sekali, salah satunya tanaman jambu," kata Desi Rama Tia salah satu mahasiswa IPB.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus