Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sesar Lembang Perlu Perhatian Serius

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/patahan-lembang.jpg

    BANDUNG-Patahan (Sesar Lembang) yang membentang dari Cisarua Lembang hingga Gunung Palasari Kota Cimahi, merupakan salah satu sesar aktif di Indonesia. Namun sayangnya Sesar Lembang yang sewaktu-waktu bergerak  kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Demikian dikemukakan Ahli Geologi Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Awang Harun Satyana, di Bandung.

    Menurutnya, Sesar Lembang termasuk sesar yang masih aktif hingga saat ini, dengan gerakan mencapai 2 milimeter setiap tahunnya.

    “Sesar Lembang sepanjang kurang lebih 22 km ini nyaris luput dari pemantauan pemerintah,  ini terbukti hanya ada 1 alat seismograf yang dipasang di sepanjang jalur Sesar Lembang,” ujarnya.

    Awang mengatakan, pergerakan Sesar Lembang telah membuat terjadinya gempa, seperti yang terjadi pada bulan Agustus dan Oktober lalu dengan kekuatan kurang dari 3 Skala Richter.

    “Akibat gerakan  Sesar Lembang telah yang menyebabkan kerusakan ratusan rumah di Cisarua Lembang pada Agustus lalu,” ucapnya.

    Awang menyatakan, meski berdasarkan catatan kekuatan gempa di Sesar Lembang tidak lebih dari 6 Skala Richter, namun langkah antisipasi perlu dilakukan sedini mungkin. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus