Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Disparbud Jabar Siapkan Destinasi Wisata

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33083.jpg

    BANDUNG- Menjelang masa libur Lebaran 2019, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat melaksanakan rapat koordinasi dengan Kab/Kota se-Jawa Barat terkait Pemantauan Libur Lebaran Idul Fitri 1440 H.

    Dalam rakor yang berlangsung di Kantor Disparbud Provinsi Jawa Barat, Kamis (16/05) dihadiri Kepala Disparbud Jabar Dr. H. Dedi Taufik, Kepala Dinas Perhubungan Jabar, Hery Antasari, Obvit Polda Jabar, Kemenpar, GIPI Jabar dan Asita Jabar. 

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, rakor dilakukan sebagai tidak lanjut dari surat Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata, tanggal 10 Mei 2019, tentang Pemantauan Libur Lebaran Idul Fitri 1440 H Tahun 2019. 

    "Dalam surat tersebut dihimbau agar Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Barat meningkatkan keamanan, kenyamanan dan keselamatan di lokasi Daya Tarik Wisata," kata Dedi, di Kantor Disparbud Provinsi Jawa Barat, Kamis (16/05) sore.

    Menurut Dedi, dalam rangka memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daya tarik wisata, diperlukan pemantauan di jalur wisata dan lokasi daya tarik wisata, ketersediaan rambu-rambu menuju atau di lokasi daya tarik wisata dan kelengkapan peralatan pengamanan untuk evakuasi dan keadaan darurat. 

    "Kesiapan petugas dan pengelola dalam pelayanan, peningkatan pelayanan dan pengamanan di lokasi wisata seperti kesediaan pemandu wisata, petugas informasi dan balawista, antisipasi kenaikan harga tiket masuk dan pungutan liar, kesiapan jaminan asuransi dan persiapan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Rumah Sakit, PMI, Kepolisian dan BASARNAS setempat," jelasnya.

    Dedi menyatakan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat akan membentuk tim yang  melakukan pemantauan ke lokasi Daya Tarik Wisata di Kabupaten/Kota mulai tanggal 27 Mei sampai dengan 08 Juni 2019. 

    "Kementerian Pariwisata melalui Tim Crisis Center pemantauan libur Lebaran Idul Fitri 1440 H tahun 2019 mulai tanggal 26 Mei 2019 hingga 09 Juni 2019, pukul 08.00 s.d 21.00 WIB," ujarnya 

    Adapun informasi Destinasi minimal yang diperlukan Tim Crisis Center Kemenpar dari masing-masing daerah, berupa bentuk/ kegiatan persiapan/antisipasi terhadap kunjungan wisatawan. Jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke lokasi Daya Tarik Wisata di daerah. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus