Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hari ini status Gunung Sinabung Turun Setingkat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33105.jpg

    BANDUNG – Pusat vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menetapkan penurunan status Gunung Sinabung Sumatera Utara. PVMBG juga meminta kewaspadaan masyarakat sekitar gunung anak Krakatau Banten dan Gunung Agung Bali karena terlihat masih aktif.

    Kepala PVMBG Kasbani mengatakan sejak 2015 status Gunung Sinabung berada pada level IV atau Awas, namun per 20 Mei 2019 statusnya turun menjadi level III atau Siaga. Penurunan ditetapkan setelah dalam 10 bulan terakhir, gunung paling aktif di Indonesia itu tidak lagi terlihat mengalami erupsi.

    “Ada beberapa erupsi kecil, debu saja, selama 10 bulan terpantau akhirnya diturunkan levelnya,” kata dia di kantor PVMBG Jalan Diponegoro, Senin (20/5/2019).

    Sementara untuk Gunung Agung Bali, ia mengimbau kepada masyarakat khususnya turis untuk mengambil jarak aman hingga 4 KM dari radius puncaknya.

    “Masyarakat disekita aliran sungai yang berhulu dipuncak gunung juga harus tetap waspadai kemungkinan lava dingin,” jelasnya. Sementara untuk Anak Krakatau, ia juga mengimbau agar menjaga jarak aman sekitar 2 KM dari puncak gunung. Saat ini statusnya masih tetap level II atau Waspada.

    Meski demikian ia menegaskan hampir seluruh tubuh Gunung Anak Krakatau yang berdiameter sekitar 2 KM dan area disekitarnya merupakan kawasan rawan bencana, dimana hujan abu tipis juga masih sering terjadi. tgh

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus