Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Masyarakat Masih Kurang Paham Terkait PPDB SMA

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33378.jpg

    BANDUNG -  Pada hari pertama pendaftaran, Senin 17 Juni 2019 para orang tua siswa dan calon siswa di SMAN 3 Bandung sudah mulai mengantri pada pukul 05.00 WIB. Hal yang sama juga terjadi Selasa 

    Wakasek Kesiswaan & Ketua Pelaksana PPDB SMAN 3 Bandung, Aan Hendrawati menilai kedatangan para peserta lebih awal dari jadwal yang ditentukan ini karena salah persepsi masyarakat bahwa mereka berasumsi yang datang paling awal akan diterima di sekolah tersebut. 

    "Itu asumsi yang salah persepsinya jadi pendaftar membludak dari pagi. Padahal pendaftaran sudah ditentukan dari jam 8.00 sampai 14.00 WIB," katanya kepada wartawan di SMAN 3 Bandung, Selasa (18/8).

    Aan mengungkapkan sebelumnya dilakukan sosialisasi pendaftaran PPDB SMA/SMK 2019 sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) yang sudah ditetapkan. Sementara, pendaftaran di SMAN 3 Bandung biasanya para calon siswa datang di hari terakhir. 

    "Saya juga tidak tahu datangnya dari mana sepertinya Juknis juga seperti itu. Biasanya di SMAN 3 Bandung membludak di akhir pendaftaran sekarang malah di awal,"ungkapnya

    Adapun kuota siswa yang akan diterima di SMAN 3 Bandung sebanyak 340 orang yang terdiri dari 10 kelas.

    Sedangkan, untuk penerimaannya sendiri terbagi kedalam beberapa kategori seperti jalur zonasi, perpindahan orang tua dan prestasi.

    Aan menjelaskan jalur pendaftaran zonasi dibagi 3 meliputi zonasi jarak 55 % dengan kuota 187 siswa, jalur zonasi kombinasi 15 %  (51 siswa) dan  KETM dan ABK sekitar 20%  (58 siswa). Sedangkan, untuk jalur perpindahan orang tua 5% jumlahnya 17 siswa .

    "Untuk jalur prestasi ada 5% yang terdiri dari prestasi UN dan non UN dengan masing-masing kuota 2,5%, 9 dan 8 siswa,"jelasnya

    Berkenaan dengan pelaksanaan pendaftaran, lanjut Aan, masih terbilang lancar. Namun, masih ada kendalaa pada saat input data verifikasi. Misalnya, para calon siswa yang berada di perbatasan seperti Cimahi.

    "Sampai hari ini sudah 400 lebih yang mendaftar Sementara akan ditutup sampai 300 pendaftar dulu karena dari 1 pendaftar saja hampir menghabiskan waktu 1 jam,"jelasnya. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus