Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pembangunan Kolam Retensi Gedebage Masuk Tahap Lelang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita

    BANDUNG- Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengungkapkan, proses pembangunan kolam retensi Gedebage sudah memasuki tahap lelang sehingga ditargetkan kolam retensi ini rampung pada November 2019 mendatang.

    “Sudah masuk proses lelang, mudah-mudahan Juli sudah kontrak dan sesuai rencana, empat bulan pengerjaan setelah Juli berarti itu Agustus, September, Oktober, November sudah selesai,” kata Didi di Pendopo Kota Bandung, Rabu (19/06).

    Didi menyatakan, pembangunan kolam retensi yang terletak di dekat kawasan Pasar Gedebage dengan luas sekitar 3.000 meter persegi dan berdaya tampung sekitar 9.000 kubik air ini untuk mengantisipasi luapan air di perempatan Gedebage akibat aliran Sungai Cinambo Lama. 

    “Dari hasil kajian dari masterplan drainase, sungai di Kota Bandung sekarang hanya bisa menampung banjir dua tahunan, relatif hampir semua di banjir 2-5 tahunan sudah meluap,” ujarnya.

    Menurut Didi, sebelumnya sejumlah pakar yang menyatakan untuk mengatasi luapan air sungai di Kota Bandung ini tidak hanya cukup dengan kolam retensi saja tetapi sebagai solusi lainnya yakni dengan pembuatan drum pori.

    'DPU Kota Bandung juga membuat drum pori di sejumlah titik di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cinambo serta DAS Citepus dan sudah terpasang di beberapa titik dengan jumlah yang mencapai puluhan unit, dengan asumsi dua meter Bandung itu butuh 1.000 hektar kolam. Jadi sangat besar kebutuhannya, makanya kita memperbanyak drum pori,” jelasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus