Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Cegah Kebakaran, PD Pasar Kaji Zonasi Pedagang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33432.jpg

    BANDUNG- Sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat Kota Bandung tengah mengkaji langkah untuk melakukan zonasi ulang pedagang pasar tradisional. 

    Kepala Bidang Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) PD. Pasar Bermartabat Kota Bandung, Hendra Setiawan mengatakan, proses zonasi tersebut akan mendata ulang jenis dagangan yaitu barang dagangan kering atau basah.

    "Kami coba menzonasi ulang. Dalam zonasi ulang tersebut juga mendeteksi para pedagang yang berjualan masakan. Sebab, dengan adanya pengolahan tersebut otomatis menjadi titik api yang harus diwaspadai," katanya.

    Menurut Hendra, dari zonasi ini akan menghasilkan jalur evakuasi yang lebih jelas dan pembagian tipe pedagang lebih jelas serta sasarannya harus semua terutama untuk zona yang ada titik api, yang menjual bahan matang.

    "Sebetulnya sudah ada imbauan bahkan larangan dari PD. Pasar Bermartabat membawa kompor ke ruang dagang, sebab kompor tersebut juga kerap memicu terjadinya kebakaran," kata Hendra, di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kamis (20/06).

    Hendra menghimbau kepada para pedagang yang menggunakan kompor atau pun sumber api lainnya untuk menggeser posisinya dengan menjauhkan titik api dari bahan mudah terbakar atau memiliki akses evakuasi yang lebih terjangkau.

    “Kompor memang tidak boleh, tapi kondisi pasar tradisional dalam kondisi cair karena pedagang saudara kita sendiri. Tapi bukan kita tidak mau toleransi tapi kesadaran harus ada, makanya tetap harus ada penegakan,” jelasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus