Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Jabar, Ajak Peternak Sapi Perah Untuk Bersatu

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Kunker-DSC_4488.jpg

    KAB.BANDUNG BARAT- Dalam kunjungannya ke Kabupaten Bandung Barat, Kamis (3/11) Wagub Jabar Dede Yusuf menyempatkan mengunjungi KUD Cisarua Mukti yang bergerak dibidang usaha susu sapi dan mengajak kepada peternak untuk bersatu agar memiliki daya saing dalam penetapan harga susu. Kunjungan, Wagub Jabar tersebut diterima dan didampingi Bupati Kab.Bandung Barat, Abu Bakar.

    Dalam pengarahannya kepada sekitar 30 orang peternak sapi, Wagub mengajak untuk membentuk kelompok yang lebih luas lagi, agar memiliki daya saing tinggi terutama manakala menjual produk susu sapi. Jangan sampai ada anggota kelempok yang menjual susunya dibawah harga yang telah disepakati.

    Wagub mencontohkan kekompakan para peternak ayam pedaging, bila terjadi kekisruhan harga ayam, atau terjadi penurunan dan kenaikan harga maka semua anggota peternak saling berkomunikasi untuk menyatukan sikap satu harga yang sama. Cara ini memungkinkan terciptanya harga yang stabil dan tidak merugikan peternak. “Hal serupa, dapat diikuti oleh peternak sapi perah”, jelas Wagub.

    Bila sudah berkelompok, maka nantinya tidak boleh ada peternak yang menjual susu sapinya secara sewenang-wenang. Harus dijual dengan harga yang disepakati, tambah wagub.

    Soal masih adanya sapi impor, menurut Wagub Dede Yusuf bahwa saat ini Indonesia masih kekurangan supply daging ke pasaran. Namun demikian, pihak Pemerintah harus terus mendorong kecukupan supply daging sapi lokal dan susu sapi yang dihasilkan peternak Indonesia. Pemerintah dalam hal ini Pusat, diminta untuk mendorong peningkatan kualitas peternak lokal sehingga kedepan bisa swasembada, baik untuk daging maupun susu sapi.

    Kepada para peternak sapi perah, wagub mengajak untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaannya, misalnya, masalah perkandangan, cara pembuatan dan pemberian pakan, pengelolaan limbah tinja sapi dan penjualan susunya.

    Menurut Wagub, pihak Pemerintah Jawa Barat sangat berkeinginan agar produksi susu sapi dari Jawa Barat dapat menjadi produk susu unggulan. Atas pernyataan wagub itu, para petani menyatakan dukungannya. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus