Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Napi Kasus Narkoba Dominasi Penghuni Lapas Jawa Barat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33632.jpg

    BANDUNG - Penghuni Lapas dan Rutan di Jawa Barat hingga saat ini tercatat sebanyak 23.861 orang yang. Mereka berada di Lapas dan Rutan yang idealnya hanya diisi oleh 15.658 orang.

    Selain melebihi kapasitas,  penghuni lapas dan rutan didominasi oleh warga binaan dengan kasus narkoba. Saat ini ada 7.605 orang yang mendekam berstatus bandar, lalu 3.528 sebagai pengguna.

    "Ditinjau dari segi pengamanan kondisi ini sangat rawan. Penghuni lapas dan rutan didominasi oleh warga binaan dengan kasus narkoba. Saat ini ada 7.605 orang yang mendekam berstatus bandar, lalu 3.528 sebagai pengguna,"kata Kepala Divisi Permasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Jawa Barat, Abdul Aris kepada wartawan di Sport Center, Arcamanik, Bandung, Senin (8/7).

    Kondisi tersebut, kata Aris dapat menjadi satu diantara penyebab timbulnya berbagai masalah di Lapas, salah satunya peredaran narkoba.

    "Sampai saat ini jumlah petugas pemasyarakatan di Jawa Barat hanya 3.354 orang,"ujarnya

    Aris menjelaskan Berdasarkan data Kemenkumham Kanwil Jabar, di wilayah Jawa Barat terdapat 40 unit pelayanan teknis (UPT) Pemasyarakatan yang terdiri dari 32 Lapas dan Rutan, satu LPKA, empat Bapas dan tiga Rupbasan.

    Jumlah total penghuni lapas dan rutan tersebut terdiri dari 4.587 tahanan dan berstatus narapidana sebanyak 19.274 orang. 

    "Dari jumlah itu, yang terjerat kasus Pidana Umum sebanyak 11.775 orang, sedangkan untuk jenis Pidana Khusus 12.086 orang," tutupnya. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus