Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penduduk Lansia Terus Bertambah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33649.jpg

    BANDUNG – Jumlah penduduk lanjut usia (lansia) terus bertambah setiap tahun. Saat ini diperkirakan jumlah lansia mencapai 24,4 juta orang.

    Menteri Sosial Agus Gumiwang mengatakan jumlah penduduk lansia yang terus bertambah tentunya membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah pusat hinggadaerah agar kualitas hidup lansia semakin baik.

    “Dengan penduduk lansia diatas 7% maka sebenarnya  kita memasuki kondisi negara dengan penduduk berstruktur tua. Sudah seharusnya pemerintah dan lembaga non pemerintah semakin perduli memberikan dukungan kepada penduduk lansia,” tegasnya dalam sambutannya dia acara HLUN 2019 di Lapangan Monju, Rabu (10/7).

    Disebutkan Agus Gumiwang, mengutip data BPS, tahun 2000 lansia di Indonesia mencapai 7,18 persen dari total penduduk di Indonesia saat itu. Naik kembali pada tahun 2005 yang mencapai 8,5 persen. Tahun 2010 jumlah lansia menjadi 9,77 persen dan pada akhir tahun lalu jumlah lansia mencapai 24,4 juta. Ia memperkirakan pada tahun 2020 nanti jumlah penduduk lansia mencapai 11,3 persen.

    Disisi lain, menurutnya banyak penduduk yang masuk dalam kategori lansia ternyata masih memiliki potensi besar untuk ikut andil dalam pembangunan.

    “Tantangan kita saat ini terkait lansia adalah bagaimana menjadikan lansia sebagai aset SDM yang tetap sehat produktif mandiri sejahtera dan bermartabat,” tuturnya.

    Ketua Panitia HLUN 2019 Numan A. Hakim mengatakan acara diikuti sekitar 6.000 lansia dari berbagai daerah di Indonesia serta dihadiri oleh sejumlah pejabat yang menerima penghargaan dari Mensos atas perhatiannya kepada lansia. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus