Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Lansia Seharusnya Bagi Yang Sudah Berumur 65 tahun atau Lebih

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33651.jpg

    BANDUNG - Lansia di Indonesia ditetapkan bagi penduduk yang sudah berumur 60 tahun atau lebih. Namun dengan rata-rata usia hidup hingga 72,4 tahun, usia lansia setidaknya harus diatas 65 tahun.

    Hal itu dikatakan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam peringatan HLUN 2019 di Monju Jawa Barat, Rabu (10/7). Sehingga menurutnya ia akan mengusulkan merevisi aturan tentang batas usia yang masuk dalam kategori lanjut usia (Lansia).

    "Saya akan pertimbangkan untuk mendorong revisi usia Lansia dtetapkan jadi 65 tahun. Kan angka harapan hidup 72, 4 tahun itu achievment luar biasa," ujarnya.

    Menurut Agus, umur 60 tahun di Indonesia banyak yang masih produktif dan keinginan untuk mencoba serta berkreasi. Jadi, banyak yang memiliki inovasi dan kreasi.

    "Jadi bukan karena fiskal tak bisa membiayai tapi kita lihat dari laporan Gubernur Jabar saja, usia harapan hidup di Jabar 72 tahun itu tinggi sekali. Itu merupakan sebuah keberhasilan di Provinsi Jabar untuk menciptakan masyarakat yang sehat," paparnya.

    Saat ini, kata dia, 60 tahun menjadi ada gap luar biasa. Karena, banyak masyarakat menemukan umur di atas 60 tahun tapi sangat produktif. 

    "Jadi, Undang-undang yang ada kaitan umur akan dikaji. Paling tidak, pemikiran dasar untuk revisi usia," katanya.

    Revisi Undang-undang tersebut, kata dia, tak hanya berkaitan dengan umur tapi mendorong praktik-praktik hak Lansia. 

    "Kami ingin menghilangkan ketidaksetaraan kita dengan Lansia. Itu yang ingin diatur saat Revisi Undang-undang," katanya. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus