Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RW 07 Cihaurgeulis Kota Bandung Kedatangan Tamu 'Asing'

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33689.jpg

    BANDUNG - Ada suasana berbeda dari hari-hari biasa di RW 07 Kelurahan Cihaurgeulis Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung pada Jumat (12/7/2019). Pada pagi hari, seorang asing (bule) blusukan di kawasan yang lumayan padat penduduk itu. Namun sang bule itu didampingi Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana saat blusukan. Ada apa?

    Ternyata sang bule itu adalah Prof. Paul Connett, orang Amerika yang menjadi salah satu penemu konsep zero waste atau nol sampah dalam sebuah komunitas atau permukiman. Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa kedatangan Connett ke Bandung ingin memastikan keberhasilan proses zero waste di Bandung berhasil.

    "Beberapa tahun lalu Dia ke sini dan menerapkan konsep pengolahan sampah. Dan tadi Dia lihat sendiri lalu menyatakan bravo. Buktinya berhasil dsngan baik terutama di RW 07 ini ya" ujar Yana.

    Ternyata kata Yana, Dia mengakui dari pengalaman kampanye pengolahan sampah, di Bandung ini Dia mendapatkan pengalaman luar biasa yang mengubah pola pikirnya.

    "Yang selama ini Dia agungkan adalah teknologi, tetapi di Bandung ini Dia mendaptkan pengalaman bahwa yang jaub lebih penting dari pengolahan sampah adalah komunitas atau masyarakat itu sendiri" terang Yana.

    Di RW 07 Cihaurgeulis sampah dipilah lalu diolah dan sebagian menjadi kompos untuk puluk tanaman. Paul Connett sendiri mengkampanyeukan konsep pengolahan sampah sedikitnya di beberapa negara seperti Itali, Afrika, Libanon dan Indonesia. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus