Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Polda Jabar Periksa Terduga Pengusaha Tambang Ilegal

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33724.jpg

    BANDUNG -  Diduga tak mengantongi izin usaha pertambagan (IUP), tiga orang pemilik tambang tanah merah di Kabupaten Bogor digiring ke Mapolda Jabar. 

    Tiga orang tersebut yakni U dan RS keduanya diamankan di Kecamatan Cariu,  ditangkap di Kecamatan Cariu, Ss sedangkan BS diamankan di Kecamatan Tanjungsari. 

    "Ketiga terlapor, saat ini sedang dalam penyidikan, karena melakukan usaha pertambngan tanpa izin, di Kabupaten Bogor," kata Kabid Humas Polda Jabar. Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jabar, Rabu (17/7/2019)

    Truno mengatakan, aktivitas pertambangan sudah berlangsung sejak Juni 2019 lalu. Adapun, hasil tambang berupa tanah merah tersebut dikirim ke wilayah Tanggerang untuk pengerjaan Jalan tol dan proyek perumahan. 

    "Pada Rabu 26 juni Ditreskrimsus polda jabar melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap kegiatan usaha pertambangan dan didapati tidak berizin," jelasnya

    Dalam, sehari penambang tersebut.mengeruk tanah merah sebanyak 30-60 rutase dengan 5 alat berat serta truk ungkit (Dumtruck) dengan kapasitas beragam mulai dari 13 ton, 15 ton, hingga 20 ton. 

    Usaha pertambangan yang tak berizin, kata Truno melanggar pasal 67 Undang undang Nomor 4 tahun 2019 tentang Pertambangan Mineral dan Pertanbangan. 

    "Akibat perbuatan tersebut, yang bersangkutan terancam pidana 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar," tutupnya.Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus