Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BI Jabar Gelar Forum Kajian Ekonomi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33728.jpg

    BANDUNG – Bank Indonesia mendukung rencana Pemprov Jawa Barat untuk membangun kawasan ekonomi khusus (KEK). Pembangunan KEK akan memicu pertumbuhan ekonomi tinggi di kawasan Jawa barat, apalagi jika mengajak kalangan UMKM.

    Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Doni P Joewono mengatakan dari kegiatan survei lapangan ke beberapa wilayah di Jawa Barat, sebagian besar daerah menyatakan setuju jika ada pembangunan KEK.

    “Saya keliling Garut, Majalengka, mereka siap berikan insentif jika ada KEK, siap berikan insentif kepada pabrik yang mau membangun diwilayahnya,” kata dia di Hotel Savoy homann Bandung, Rabu (17/7).

    Ia menegaskan perlu adanya KEK khusus atau tematik dari masing-masing wilayah yang bakal dibangun. Misalnya KEK khusus tekstil, KEK otomotif dan elektronik atau KEK pariwisata. Namun diakuinya kendala logistik dan transportasi harus segera dicari soluisnya agar keberadaan KEK ini diminati investor.

    “Harus ada pengolahan limbah terpadu, mengajak UMKM dan tematik harus jelas,” tegasnya.

    Sekretaris Eksekutif Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ernovian menambahkan saat ini masih kekurangan tenaga terampil pada industri tekstil.

    “Ada kebutuhan sekitar 400 orang untuk level supervisor, tapi lulusan perguruan tinggi hanya 300 orang pertahun,” tegasnya.

    Selain kebutuhan SDM yang harus terpenuhi, apalagi dengan rencana pembangunan KEKE, diperlukan juga keberpihakan pemerintah terkait regulasi.

    “Misalnya kemudahan investasi, pajak yang murah dan insentif lainnya,” kata dia.

    Ia juga menginginkan nantinya akan dimaksimalkan angkutan kereta api. Selain waktu yang pasti dan lebih cepat dari pada angkutan jalan raya, sekali angkut jauh lebih banyak. Teknologi solar energy untuk pasokan listrik juga perlu dibangun di KEK. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus