Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sholat Idul Adha 1432 Hijriah di Seskoau

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_0780-2-seskoau-1.jpg

    LEMBANG-Penseskoau, Senin (24/10) Bertempat di Lapangan Dirgantara, Seskoau, Lembang, Bandung Barat, Minggu pagi (5/11) para personel Seskoau bersama masyarakat sekitarnya membaur dalam kegiatan Sholat Idul Adha 1432 Hijriah. Sholat Id disunahkan dilaksanakan di lapangan luas, merupakan sholat sunnah dua rakaat pada Hari Raya Idul Adha setiap tahunnya, termasuk dalam salat sunah muakkad saat dimana jamaah haji di Mekkah melaksanakan wukuf.

    Sebelum pelaksanaan Sholat Id, dalam sambutannya, Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI Boy Syahril Qamar, SE., yang dibacakan Direktur Pendidikan (Dirdik) Seskoau Kol Pnb Yadi Husyadi menyatakan peringatan Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu hari besar Islam yang diperingati untuk mengenang sejarah perjuangan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dalam menjalankan perintah berkorban dari Allah SWT.  Dengan dasar iman dan taqwa kepada Allah SWT, perintah menyembelih Ismail dilaksanakan Nabi Ibrahim AS walaupun godaan syetan dan iblis demikian besar. Namun akhirnya, Allah SWT mengganti Ismail dengan seekor domba yang gemuk melalui perantara malaikat. Berdasarkan peristiwa tersebut, perintah berkorban wajib bagi umat muslim yang telah mampu secara ekonomi.   

    Sedangkan Ustadz Aep Hambali, Khotib Idul Adha dalam kutbahnya menyatakan bahwa, hikmah ibadah qurban dengan menyembelih hewan-hewan kurban yang dipersyaratkan oleh agama antara lain menanamkan jiwa sosial, solidaritas, kasih sayang dan cinta kasih antara sesama manusia. Dengan mengorbankan binatang-binatang kurban tersebut, derajat iman seseorang akan bertambah serta timbullah benih-benih kasih sayang, sikap saling tolong-menolong, rukun dan sebagainya diantara sesama manusia di masyarakat. 

    Usai Sholat Id, Panitia Idul Adha Seskoau 1432 Hijriah melaksanakan penyembelihan terhadap 4 sapi dan 10 domba. Kemudian daging-daging binatang tersebut dibagi dalam 1360 paket daging untuk dibagikan kepada warga sekitar Seskoau, DKM-DKM sekitar Seskoau dan panitia.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus