Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Subang Terima dan Lepas Mahasiswa KKN UPI dan IPB

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33774.jpg

    SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M. Si dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Kabupaten Subang kepada seluruh peserta KKN tematik dari UPI Bandung beserta para pedampingnya dan Bupati berharap dapat betah dan berkesan dengan Kabupaten Subang.

    Bupati Subang, H. Ruhimat menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Subang saat ini tengah merancang suatu sistem layanan yang bertujuan mampu mendorong dan membantu masyarakat Subang dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya yaitu Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT). “(Sistem layanan ini)  dibangun ditingkat desa, SLRT bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses kebutuhannya melalui rujukan terpadu antara perangkat daerah. Saya berharap program-program yang telah kami luncurkan tadi mampu dijadikan bentuk aktualisasi dan percepatan dalam bentuk kegiatan oleh peserta KKN dilevel masyarakat," ujarnya pada saat Apel Pagi yang bersamaan menerima sekaligus melepas mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB)  Pada Apel Pagi di halaman Kantor Bupati Subang, Senin (08/07/2019).

    Kepada para mahasiswa Bupati kemudian memperkenalkan tentang Program Jawara yang menjadi program pembangunan di Kabupaten Subang. “Ada Jawara Nata, Jawara Niaga, Jawara Wisata, Jawara Raga, Jawara Daya, Jawara Miara, Jawara Pakaya, Jawara Riksa, dan Jawara Nagara. Itu semua merupakan rangkuman program dalam rangka mewujudkan Visi Subang yaitu Kabupaten Subang yang bersih, Maju, Sejahtera, dan Berkarakter,” bebernya.

    Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Pemerintah Daerah Kab. Subang dengan Institut Pertanian Bogor dan Universitas Pendidikan Indonesia tentang Kerjasama Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Ke Masyarakat, dengan nomor Nota Kesepahaman Bersama PK 01.02/NK.33-Humaspro/2019 nomor 068/IT3/HK.01/2019, nomor 6334/UN40/HK/2019.

    Bupati mengucapkan Terimakasih dan berharap dengan kerjasama ini UPI dan IPB dalam mengamalkan tridarma perguruan tinggi dapat bersinergi dengan program-program yang telah diluncurkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

    Dalam laporannya Rektor UPI, Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan KKN sekarang difokuskan pada program tematik yang didasarkan pada kebutuhan masyarakat dengan program pengembangan daerah dalam rangka mewujudkan visi misi dan program perguruan tinggi. “Tujuan dari KKN tematik ini adalah upaya pemberdayaan masyarakat berbasis pendidikan, memperkuat program pembangunan daerah dan nasional, sebagai salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan meningkatkan soft skill kepemimpinan dan intelektual dan juga diupayakan menjadi salah satu program pembentukan karakter mahasiswa,” ujarnya.

    Disampaikan bahwa jumlah mahasiswa KKN tematik di Kabupaten Subang berjumlah 1067 mahasiswa yang terbagi dalam tiga tema pokok yaitu: KKN tematik Pemberdayaan Keluarga, KKN tematik Revolusi Mental dan KKN tematik Kampung Keluarga Berencana. Mahasiswa dikelompokan menjadi 98 kelompok yang akan ditempatkan di 91 desa/kelurahan, 17 Kecamatan dengan melibatkan dosen pembimbing lapangan sebanyak 40 orang. Mereka akan berada di lokasi KKN selama 40 hari yaitu mulai tanggal 8 Juli sampai dengan 19 Agustus.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus