Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Adiwiyata Proses Perubahan Perilaku

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33816.jpg

    BANDUNG - Dalam edisi ke-34 ini, Jabar Punya Informasi (Japri) mengangkat tema Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Jabar-World Enviroment Day yang dilaksanakan di Lobby Museum Gedung Sate Parkiran Timur, Kamis (25/7/2019). 

    Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusumah mengatakan bahwa jika ketika berbicara tentang lingkungan maka kita juga harus berbicara tentang peradaban dan ketika berbicara peradaban maka kita juga harus berbicara tentang perilaku. 

    "Dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 32 tahun 20019 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, setiap orang wajib mengurangi dan menangangi sampah rumah tangganya secara berwawasan lingkungan," ucapnya.

    Menurut Asep, sesuai spirit bahwa Adiwiyata bukan program untuk mencetak sekolah bersih, bukan sekedar mencetak ahli lingkungan tetapi proses pembiasaan yang nanti merubah perilaku bagaimana sekolah sebagai kekuatan strategis mampu membiasakan dan membantu proses perubahan perilaku.

    "Adiwiyata merupakan proses untuk merubah perilaku individu yang dilakukan secara bersama-sama,” kata Asep, usai dinas yang dipimpinnya menerima penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Jabar.

    Sementara itu, Dijah Noeringtias dari SMA Negeri 2 Cibinong, Kab. Bogor yang merupakan Penerima Penghargaan Adiwiyata untuk Sekolah Peduli Lingkungan menyatakan, dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan, pihak SMA melarang penggunaan steroform, sedotan dan bahan bahan penggunaan plastik. 

    "SMA NEGERI 2 Cibinong melakukan berbagai program seperti Kamis Bersih (Kasih), Sedekah Sampah dilakukan setiap hari Jumat, hidroponik dan vertical garden dan Alhamdulilah sedikit demi sedikit pembiasaan untuk mencintai lingkungan yang ada disekitar lingkungan tumbuh terus," ujarnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus