Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Cek Kesehatan Hewan Kurban, Dispangtan Turunkan 100 Petugas

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33843.jpg

    BANDUNG- Menjelang pelaksanaan Idul Adha 1440 Hijriah yang jatuh pada 11 Agustus 2019 mendatang, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) mengerahkan 100 petugas untuk menjaga keamanan pangan.

    Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan, para petugas tersebut terdiri dari petugas dari Dispangtan Kota Bandung, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (IDHI) Jawa Barat, serta para mahasiswa Program Sutdi Kedokteran Hewan Universitas Padjadjaran.

    "Para petugas akan disebar ke 30 kecamatan, mereka akan mengunjungi tempat-tempat berjualan hewan kurban dan memeriksa kondisi fisik mulai dari posisi berdiri, tidak ada luka, nafsu makan baik, kulit dan bulu bersih, mata bersih dan tidak bengkak, area hidung bersih dan lembab cenderung basah serta area pembuangan bersih tidak ada luka dan darah serta bentuk kotoran padat," ucapnya.

    Menurut Gin Gin, selain pemeriksaan dilakuan terhadap fisik hewan kurban, Satuan Tugas (Satgas) Pemeriksa Hewan Kurban juga akan memeriksa surat jalan yang dimiliki para pedagang karena sebagian besar hewan kurban yang dijual disejumlah tempat di Kota Bandung datang dari luar kota.

    "Tak hanya sebelum penyembelihan atau ante mortem, Satgas ini juga akan melakukan pemeriksaan post mortem setelah penyembelihan seperti kepala, hati, limpa, ini untuk memastikan daging-daging kurban juga sehat dan layak dikonsumsi," katanya. 

    Gin Gin memperkirakan, pada Idul Adha tahun ini akan ada peningkatan jumlah hewan kurban di banding tahun sebelumnya sebesar 5 persen, ini terjadi karena adanya peningkatan kesadaran masyarakat untuk menunaikan kewajiban berkurban.

    "Tahun lalu ada 25.000 (ekor hewan kurban yang diberi kalung), kita prediksi tahun ini lebih banyak. Kesadaran berkurban sudah mulai tinggi," ujar Gin Gin, diacara pelepasan Satgas Pemeriksa Hewan Kurban di Plaza Balai Kota Bandung, Senin (29/07). (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus