Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Lipi Perkenalkan Aiko

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33856.jpg

    BANDUNG-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kawasan Bandung mengenalkan teknologi terapan baru yang diberi nama Aiko. Aiko adalah aplikasi berbasis android untuk menentukan jenis dan usia sebuah kayu, hanya dengan memotret penampang kayu tersebut.

    "Cara kerja Aiko adalah merekam permukaan tampang lintang kayu dengan lensa pembesar, dan secara otomatis melakukan klasifikasi, setelah dihubungkan dengan server yang menyimpam ribuan file data jenis kayu," ujar Esa Prakarsa, ketua tim peneliti Aiko Pusat Penelitian Informatika LIPI di Bandung, Selasa (30/7/2019).

    Esa menjelaskan, aplikasi Aiko itu bisa menjadi solusi lamanya proses identifikasi kayu di Indonesia.

    "Jika selama ini untuk menentukan jenis dan usia kayu memakan waktu cukup lama karena harus ada tes uji kimia di laboratorium, maka dengan aplikasi ini bisa dilakukan dengan singkat," kata Esa.

    Aplikasi Aiko tidak terlepas dari server data ribuan jenis kayu yang telah dikumpulkan selama 3 tahun.

    "Ribuan poto makroskopis tampang lintang berbagai jenis kayu telah dikumpulkan dalam tiga tahun terakhir ini. Poto-poto tersebut selanjutnya digunakan untuk melatih algoritma identifikasi berbasis deep learning," terang Esa.

    Selain aplikasi Aiko, LIPI juga mengenalkan temuan teknologi lain seperti aplikasi Deteksi Penyakit Tanaman, aplikasi Pelindung Gambar Digital dan lain-lain. Menurut Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI Purwoko Adhi, keberhasilan berbagai penelitian aplikasi itu tidak terlepas dari dukungan kapasitas komputer di Lipi yang tinggi.

    "HPC Lipi memiliki jumlah core prosesor total mencapai 2864, memori kerja 13552 GB dan kapasitas penyimpanan sampai 4 peta byte atau setara dengan 4 juta GB," katanya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus