Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Waspada Penyakit Tiroid

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33942.jpg

    BANDUNG- Penyakit tiroid adalah berbagai gangguan atau masalah yang terjadi pada kelenjar tiroid yaitu kelenjar yang terletak di bawah jakun yang bertugas mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh sehingga perannya sangat penting bagi manusia.

    Menurut Ketua Pengurus Besar Perkumpulan Tiroid  Indonesia, Johan S. Masjhur, ada banyak bahaya yang bisa ditimbulkan jika memiliki kasus Tiroid, salah satunya yaitu bisa mengenai jantung, pencernaan, kulit hingga berkurangnya kecerdasan.

    "Fungsinya sangat kompleks, tiroid mengatur metabolisma tubuh, me gatur pertumbuhan dan perkembangan seseorang mulai saat dari janin sampai dewasa, jadi kalau kelenjar tiroid berfungsi terlalu tinggi dia bisa mengenai jantung, pencernaan, kulit, tulang," ucapnya.

    Oleh karenanya menurut Johan, masyarakat jangan menganggap enteng penyakit tiroid tersebut meski jumlah kasus tiroid di Indonesia berkisar antara 2 hingga 5 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

    "Angka kejadiannya untuk gangguan fungsi sekitar 2-5 % di Indonesia, kalau gangguan di leher itu bisa mencapai 7%, benjolan di leher ada yang terdeteksi ada yang tidak, kita perlu deteksi dini dengan alat," ujar Johan, dalam sebuah diakusi di Bandung.

    Johan mengakui bahwa saat ini tidak semua rumah sakit mempunyai  kemampuan untuk mendetekai gangguan-gangguan tiroid, ini karena alat yang bisa mendeteksi benjolan di leher akibat tiroid harganya cukup mahal.

    "Kita ingin bersatu semua multi disiplin supaya bisa ditangani secara efektif dan efisien, jangan membuang-buang uang untuk hal-hal yang tidak perlu seperti pergi ke dukun hasilnya gagal semua," ucapnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus