Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Peringati Hari Pahlawan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/hari-pahlawan2011.jpg

    BANDUNG- Sehubungan dengan Peringatan Hari Besar Nasional yaitu Hari Pahlawan yang sudah rutin diperingati setiap tanggal 10 November, maka untuk tahun ini Pemprov. Jabar memperingati Hari bersejarah tersebut dengan menggelar Upacara pengibaran bendera merah putih.

    Upacara tersebut rutin dilaksanakan. Untuk tahun ini, upacara dipusatkan di Halaman Gedung Sate (10/11), dengan Irup, Wagub Jabar, H. Dede Yusuf. Pada pelaksanaan upacara tersebut, dihadiri jajaran pejabat Eselon II di lingkungan Pemprov. Jabar, peserta upacara dari beberapa OPD di lingkungan Pemprov. Jabar, perwakilan mahasiswa, OKP dan pelajar.

    Sementara itu, puncak peringatan Hari Pahlawan tahun 2011 tingkat Jabar, juga dihadiri jajaran TNI yaitu dari Jajaran Paskhas Lanud Sulaeman.

    Dalam upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB, rangkaian upacara diisi dengan pembacaaan amanat tertulis Menteri Sosial RI, Salim Segaf Al Jufri yang dibacakan Wagub Jabar. Mensos dalam amanat tertulisnya mengungkapkan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya merupakan rangkaian perjuangan panjang, merupakan peristiwa heroik karena memerlukan pengorbanan luar biasa dari para pendahulu negara, baik jiwa, raga maupun harta dalam merebut dan mempertahankan NKRI. Peristiwa tersebut diperingati sebagai Hari Pahlawan.

    Hari Pahlawan, seperti diperingati sekarang ini disamping untuk mengenang dan menghargai jasa dan pengorbanan para Pahlawan/pejuang yang telah mendahului kita, juga dilaksanakan untuk menumbuhkan nilai kepahlawanan sebagai modal sosial untuk kemudian mengimplementasikan dan mendayagunakannya dalam mengatasi berbagai masalah bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana dan masalah sosial lainnya.

    Semangat kepahlawanan, yang ditunjukkan para pejuang dalam pertempuran 10 November hendaknya dapat dihayati dan menjadi inspirasi serta sumber motivasi dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai program pembangunan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan RI.

    Peringatan Hari Pahlawan tahun 2011, yang mengangkat tema "Dengan semangat kepahlawanan kita bangun karakter bangsa”, diharapkan dapat menjadi momentum untuk terus melestarikan dan mendayagunakan sikap dan perilaku para pahlawan seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, tanpa pamrih dengan dilandasi kesetiakawanan sosial yang tinggi.

    Mensos, dalam bagian lain amanatnya menegaskan melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, diharapkan dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh untuk dapat dijadikan sebagai energi penggerak kemajuan bangsa. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus