Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Duplikat Bendera Pusaka Seluruh Indonesia Ternyata Dibuat di Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34041.jpg

    ANDUNG - Bendera merah putih yang berkibar setiap tanggal 17 Agustus di upacara peringatan kemerdekaan tingkat kabupaten kita seluruh Indonesia, ternyata dibuat di Jawa Barat terutama Bandung dan Bogor. Mantan Paskibraka tahun 1984 Rudi Mulyana mengisahkan, duplikat bendera pusaka itu mulai dibuat dan disebarkan ke seluruh Indonesia tahun 1969-1970.

    "Mulai direncanakan pembuatan duplikat bendera pusaka untuk seluruh Indonesia itu tahun 1969, lalu benar-benar terealisasi tahun 1970. Waktu itu atas koordinasi perindustrian bendera didisain di Institut Teknologi Tekstil atau ITT Bandung, lalu ditenun di Ratna Alam Sutra Bogor" ujar Rudi berkisah, yang ditemui usai pengukuhan Paskibraka Provinsi Jabar di Gedung Sate, Kamis sore (15/8/2019).

    Rudi menyebtkan ukuran duplikat bendera pusaka itu seragam yakni 185 cm X 275 cm atau 2:3 sesuai undang-undang.

    "Lalu uniknya, bendera duplikat itu tidak dijahit atau tidak ada jahitan dalam pembuatannya, termasuk dalam sambungan antara warna merah dan putihnya. Itu semua ditenun langsung sambungan merah dan putihnya" ujarnya.

    Bahan kain sutera bendera duplikatpun didatangkan dari beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa Tengah dan Sulawesi. Bendera duplikat dibuat kurang lebih 300 buah untuk dibagikan ke seluruh Indonesia. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus