Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    HAPs Salah Satu Alternatif Wujudkan Kedaulatan Komunikasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34186.jpg

    BANDUNG - Menteri Koordinator Polhukam Wiranto mengatakan luasnya wilayah Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi pembangunan infrastruktur komunikasi. 

    Hal itu dikatakan Menko dalam sambutannya yang dibacakan oleh Deputi Bidang Koordinasi Kominfotur Marsda TNI Rus Nurhadi Sutedjo dalam acara Forum Koordinasi dan Konsultasi Kemenkopolhukam bertema Wahana Dirgantara Super (HAPs) sebagai Teknologi Pendukung Jaringan Aman Mandiri (JAM) dalam Mewujudkan Kedaulatan Informasi Negara, di Hotel Trans Bandung, Senin (26/8).

    Indonesia merupakan negara luas dengan total luas wilayah mencapai dua juta meter persegi dan populasi penduduknya yang mencapai diatas 270 juta orang. Kondisi ini menjadi tantangan untuk melaksanakan pembangunan secara merata termasuk dalam bidang IT atau komunikasi.

    Salah satu yang menjadi bahasan dalam forum koordinasi adalah rencana pemanfaatan potensi udara nasional sebagai salah satu frekuensi yang dapat dimanfaatkan untuk membangun jaringan komunikasi.

    "Salah satunya adalah membangun HAPs, sebagai salah satu alternatif di era digital saat ini. " katanya  

    Dengan cara itu, maka penetrasi telekomunikasi di daerah terpencil hingga pulau terluar atau perbatasan akan dapat dilakukan. Saat ini upaya menjangkau jaringan komunikasi terus dilakukan namun dengan HAPs maka akan lebih mudah dan murah. Teknologinya mirip seperti satelit, namun dengan ketinggian yang sedang di area udara.

    "Sudah dikaji dan tidak akan menggangu lalulintas penerbangan," katanya.

    Mewakili Gubernur Jawa Barat, Kepala Bidang Aptika Dinas Kominfo Jawa Barat Purnomo Yustianto mengatakan HAPs dapat sangat dipertimbangkan untuk menjadi alternatif solusi membangun infrastruktur komunikasi di Jawa Barat.

    Disisi lain, menurutnya perlu dikaji lagi lebih lanjut, terutama perbandingan antara kemutakhiran teknologi dengan segi pembiayaan dalam pengembangan teknologi, terutama untuk penerapan oleh pemerintah daerah.

    "Jabar siap mendukung penuh High Altittude Platform (HAPs) ini," jelasnya.

    "Semoga forum koordinasi yang dilaksanakan saat ini dapat mendukung dan memberikan manfaat untuk mewujudkan kemajuan serta kedaulatan bangsa," sambungnya. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus