Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Rumah Zakat Dirikan 67 Bummas di 13 Provinsi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34187.jpg

    BANDUNG - Untuk mewujudkan kemandirian di wilayah Desa Berdaya, Rumah Zakat mendirikan 67 Bummas (Badan Usaha Milik Masyarakat) di 13 provinsi. Lokasi tersebut yaitu, Aceh, Banten, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

    “Bummas ini bertujuan untuk memperkuat perekonomian masyarakat pedesaan yang bergerak di tiga bidang usaha. Sebanyak 25 Bummas bergerak di bidang microfinance, 25 microbisnis, dan 17 agrobisnis,” kata Murni Alit Baginda, Chief Program Officer Rumah Zakat, Senin (26/8).

    Salah satu Desa Berdaya yang sudah merasakan manfaatnya adalah Bummas Mulia Mandiri Desa Kepenuhan Barat Mulia, Kabupaten Pokan Hulu, Provinsi Riau. Bummas tersebut menyediakan lahan dan bibit pertanian yang dikelola oleh masyarakat setempat.

    Bummas Mulia Mandiri telah memberdayakan lima petani di wilayah Desa Kepenuhan Barat Mulia. Setiap panennya bisa menghasilkan 1.600 Kg cabai dengan omzet sekitar Rp37,4 juta/tiga bulan.

    “Dengan adanya Bummas ini diharapkan bisa menjadi solusi permasalahan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan potensi lokal. Ke depannya kami berharap semakin banyak Bummas yang didirikan di Desa Berdaya yang saat ini berjumlah 1,478 di 61 kota dan 176 kabupaten,” tambah Murni.(Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus