Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Boscha Amati 1 Muharram

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita

    BANDUNG - Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha melaksanakan kegiatan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. 

    Pengamatan pada tanggal 30 Agustus 2019 merupakan pengamatan bulan sabit penanda beralihnya bulan Dzulhijjah 1440 H ke bulan Muharram 1441 H.

    Pengamatan dilaksanakan dan Kupang Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 30 Agustus2019. Kegiatan pengamatan dimulai dari pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat. 

    Kegiatan pengamatan bulan sabit oleh Observatorium Bosscha ditujukan untuk meneliti ambang visibilitas (kenampakan) bulan sebagai fungsi dari elongasi dan ketebalan sabit bulan. 

    Diamati dari Kupang, pada tanggal 30 Agustus 2019 dimana telah memasuki tanggal 29 Dzulhijjah 1440 H, konjungsi bulan baru terjadi setelah lewat  terbenamnya Matahari dan Bulan sehingga tidak dilakukan pengamatan rukyatul hilal. 

    Sementara untuk pengamatan di Observatorium Bosscha, hanya terdapat jendela pengamatan selama 30 detik untuk mengamati  bulan sabit hilal dengan usia Bulan mencapai 12 menit. Kondisi ini menjadikan hilal tidak dapat diamati. 

    Kegiatan pengamatan di Kupang kali ini didukung oleh tim dari Universitas Nusa Cendana (UNDANA) dan pegiat pendidikan astronomi di Kupang dengan dukungan instrumen dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). 

    Seperti disampaikan humas ITB, Pengamatan dilakukan di kampus Universitas Nusa Cendana (UNDANA), tepatnya di rooftop Asrama Rusunawa PPG UNDANA. 

    Pengamatan di Kupang menggunakan teleskop berukuran 106 mm berjenis refraktor dan detektor kamera berbasis CCD, yang dilanjutkan dengan proses pengolahan citra.

    Penentuan awal Muharram 1441 H Di Indonesia, pihak yang berwenang menentukan kapan jatuhnya awal bulan pada penanggalan Hijriah adalah pemerintah Republik Indonesia melalui proses sidang itsbat.

    Tugas Observatorium Bosscha adalah menyampaikan hasil perhitungan, pengamatan, dan penelitian tentang hilal kepada unit pemerintah yang berwenang jika diperlukan sebagai masukan untuk sidang itsbat. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus