Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sosialisasi Tangkal Hoaks Harus Gandeng Seluruh Elemen Masyarakat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34310.jpg

    KOTA BEKASI–Nadia dari Masyarakat Literasi Digital (Malidi) dalam sosialisasi Jabar Saber Hoaks di Kota Bekasi mengaku perlu kerjasama yang erat antara masyarakat, dalam hal ini penggiat komunitas dengan pihak pemerintah untuk menangkal penyebaran hoaks.

    “Kami aktif bersama dengan polisi datang ke sekolah-sekolah untuk kampanyekan anti hoaks,” ujarnya di Gedung Patriot Kota Bekasi, Kamis (5/9).

    Ia mengatakan, hoaks saat ini banyak menyebar melalui gadget dan media sosial dan banyak yang menyasar anak-anak muda usia sekolah dan kuliah.

    “Sebagian besar pelajar saat ini memang masih sulit untuk membedakan mana hoaks dan yang bukan. Sehingga kami berikan juga caranya agar mereka tidak termakan hoaks,” tegas dia.

    Apalagi, menurut Nadia, anak muda lebih suka melihat berita yang bombastis padahal merupakan berita hoaks. Kecenderungan mendapakan informasi yang kurang lengkap ini menurutnya harus terus dikurangi melalui sosialisasi, termasuk oleh Dinas Kominfo Jawa Barat.

    Sementara itu Wakil Ketua Komisi Informasi Jawa Barat Budi Yoga menjelaskan tentang asal mula munculnya hoaks dan bagaimana mencari tahu sebuah informasi adalah hoaks atau hanya salah informasi.

    “Harus tahu bagaimana hoaks dibuat, kenali sumber penyebarnya, hati-hati jika penyebar mengutip orang terkenal atau publik figur, lihat media mainstream apakah membuat berita itu atau tidak,” tegasnya.

    Ia mengatakan hoaks mudah menyerang masyarakat berpendidikan rendah sehingga literasi harus terus ditingkatkan. Ia juga berharap pemerintah semakin perduli untuk mengkonter berita hoaks dengan cepat.

    “Jangan lambat, harus segera menyampaikan keterbukan informasi ini ke publik, akses publik terhadap informasi harus dibuka luas. Apalagi katanya Kota Bekasi menjadi juara keterbukaan informasi publik dari Humas Jabar, harus bisa membuktikannya,” tutur dia. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus