Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Mualimin: Hargai Hak Azasi Orang Lain

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34315.jpg

    BANDUNG-Kebebasan berserikat dan menyampaikan pendapat merupakan hak azasi manusia. Demikian dikemukakan Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (Dirjen HAM) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Mualimin Abdi, dalam acara Seminar tentang Internet Sehat dan Pencegahan Ujian Kebencian yang di gelar di Aula Barat Gedung Sate, Jumat (06/09).

    Tetapi, menurut Mualimin, jika kebebasan tersebut dalam implementasinya sembarangan seperti penyebaran berita bohong atau hoaks, fitnah yang tujuannya untuk menyerang orang lain, maka sejatinya mereka sedang bertentangan dengan hak azasi setiap orang.  

    “Implementasi hak azasi itu kan tidak boleh semena-sema, tidak boleh serampangan, tidak boleh sembarangan, maka implementasi hak azasi manusia juga harus memperhatikan hak azasi orang lain,” kata Mualimin.

    Mualimin menyatakan bahwa, konstitusi dan Undang-Undang Dasar kita sangat jelas dimana setiap orang juga berhak atas perlindungan diri pribadi.

    “Kalau internet kita tidak gunakan dengan bijak, dengan baik yang tujuannya menyerang kehormatan orang lain, walaupun itu katanya kebebasan untuk menyampaikan pendapat, maka sejatinya orang yang menyerang kehormatan orang lain dengan menyebarkan fitnah, menyebarkan hoax dan seterusnya, maka sejatinya dia juga sedang bertentangan dengan hak azasi setiap orang,” tuturnya.

    Mualimin menambahkan, manakala kita bicara hak azasi untuk diri kita pribadi maka sejatinya kita wajib juga memperhatikan hak azasi orang lain.

    “Hak disini kewajiban disana, hak disebelah sana kewajiban disini, InsyaAllah kalau internet itu digunakan untuk hal-hal yang baik maka Republik Indonesia yang kita cintai tidak lagi tersebar informasi-informasi yang sifatnya hoax yang kemudian muncul akibat-akibat yang tidak kita inginkan,” pungkasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus