Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dies Unpad ke-62 Tahun, Menteri ESDM Berikan Kuliah Umum

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34395.jpg

    BANDUNG - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Ignasius Jonan memberikan kuliah umum dengan tema “Energi yang Berkeadilan”, di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Rabu (11/9). Kehadiran Jonan bertepatan dengan peringatan Dies Natalis Unpad ke-62 tahun.

    Pada peringatan Dies Ke-62 tahun ini, Tema yang diusung adalah “Universitas Padjadjaran di Pentas Dunia”, sehingga semua rangkaian kegiatan peringatan dies difokuskan untuk mengokohkan peran dan kerja nyata Universitas Padjadaran serta memperkuat sinergi dengan semua pemangku kepentingan di lingkup daerah, nasional, dan internasional untuk menjamin keberlanjutan kemajuan Unpad dan memunculkan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat. 

    “Pada kesempatan ini pun, kita akan sama-sama melakukan refleksi atas berbagai upaya dan kinerja yang telah kita lakukan terutama dalam mencetak pemimpin-pemimpin di masa depan yang akan membawa Indonesia menjadi negara unggul, kuat, adil dan makmur, serta berdaya saing global,” ujar Plt Rektor Unpad Rina Indiastuti.

    Sejalan dengan komitmen yang kuat dari pemerintah Indonesia untuk fokus pada peningkatan kualitas SDM, tentunya menjadi semangat sekaligus tantangan untuk menguatkan mutu dan relevansi Unpad. Inovasi pelaksanaan tridarma perguruan tinggi adalah selain mencetak SDM-SDM unggul berkelas dunia juga menghilirisasikan hasil riset untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia dan Jawa Barat.

    Di Era disrupsi saat ini, inovasi sudah menjadi keharusan jika tidak ingin tertinggal dengan berbagai kemajuan dan tuntutan jaman yang berubah dengan cepat. Unpad diharapkan menjadi pelaku dan pemimpin dari perubahan tersebut.

    Dalam aspek pendidikan sebagai dharma yang pertama, inovasi dalam reorientasi program studi dan kebijakan tata kelola akademik telah diimplementasikan dalam berbagai bentuk dengan berprinsip Continuous Quality Improvement (CQI).

    “Alhamdulillah, berbagai upaya yang telah dilakukan bisa menghasilkan prestasi yang membahagiakan berupa capaian untuk mempertahankan Akreditasi institusi dengan predikat A (Unggul) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan sampai dengan akhir bulan Agustus kemarin sudah sebanyak 115 Program Studi telah terakreditasi A (Unggul) oleh BAN-PT dari 145 Program Studi yang terakreditasi,” tambahnya.

    Sementara Menteri Jonan dalam orasinya menjelaskan beberapa keberhasilan pemerintah dalam pengelolaan energi dan sumber daya mineral (ESDM).

    “Akhir tahun ini target elektrifikasi kita sampai 99 persen. Tahun depan bisa 100 persen,” jelasnya.

    Selain itu ia menyebutkan telah tersambung jaringan gas hingga tahun 2018 sebanyak 463.619 rumah , serta membangun 55 sumur bor didaerah bencana untuk membantu kebutuhan air bersih. “5 pos pengamatan gunung api juga sedang dalam renovasi,” ujarnya. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus