Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Empat Langkah Kebijakan Pemprov Dukung Ekonomi Kreatif

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34463.jpg

    BANDUNG - Empat langkah kebijakan Pemprov Jabar khusua mendukung ekonomi kreatif. Empat kebijakan itu menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil,  sudah, sedang dan akan dilakukan dalam 5 tahun masa kepemimpinannya di Jawa Barat. Hal itu diungkapkan Kang Emil saat menjadi pembicara dalam talkshow kampanye anti pembajakan kekayaan intelektual yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Trans Studio Mall, Minggu malam (15/9/2019).

    "Yang pertama adalah membangun Kreatif Center di 27 kota kabupaten. Tahun ini sedang dibangun diantaranya di Subang, lalu dalam 5 tahun ke depan diharapkan sudah berdiri Creatif Center di 27 kota kabupaten" ujarnya di hadapan Kepala Bekraf Triawan Munaf dan hadirin.

    Kebijakan kedua adalah membuat clustering atau pembagian wilayah untuk produk-produk unggulan.

    "Seperti contohnya Garut untuk produk unggulan kulit dan bambu lalu  daerah lain dengan keunggulan yanh sudah ada. Clustering ini penting karena tidak mungkin satu daerah memiliki semuanya. Harus ada kekhasan dan penguatan untuk satu produk" tegas Kang Emil, yang dalam paparannya selalu diselipi pantun.

    Kebijakan berikutnya menurut Ridwan Kamil adalah dengan membuat aturan khusus tentang pengembangan ekonomi kreatif. Meski kedengarannya klise, namun peraturan itu penting sebagai dasar dan panduan kebijakan berikutnya.

    "Agar ketika nanti bergabti gubernur, kebijakan masalah ekonomi kreatif ini tidak berubah lagi. Jabar satu-satunya Provinsi yang memiliki perda tentang ekonomi kreatif, meski undang-undangnya belum ada" paparnya.

    Lalu kebijakan ke empat menurut Kang Emil adalah membentuk Badan Ekonomi Kreatif Daerah atau Bekraf daerah. Yang terpenting dari Bekraf Daerah adalah keterlibatan SDM lokal dalam menentukan perkembangan ekonomi kreatif daerahnya. Ridwan Kamil menjadi pembicara dalam talkshow kampanye anti pembajakan kekayaan intelektual itu didampingi Kepala Dinas Kominfo Jabar Setiaji, ST., MSi yang mengikuti acara hingga usai. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus