Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sekda: KB-Kes Harus Libatkan Masyarakat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/pkk-kb-kes.jpg

    GARUT- Bertempat di Pendopo, Kamis (17/11), Sekretaris Daerah Kab. Garut, H. Iman Alirahman,SH,M.Si membuka secara resmi Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2011. Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Garut Hj. Nurrohimah Fikri, Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kab. Garut Hj. Dra. Euis Tuti, MM.

    Dalam sambutannya Sekda mengungkapkan, persoalan tingginya laju pertumbuhan penduduk Indonesia dewasa ini telah sampai pada tahap yang perlu mendapatkan perhatian. Berdasarkan data Bank Dunia tahun 2011 laju pertumbuhan penduduk mencapai 1 % pertahunnya. Tentunya hal tersebut harus disikapi oleh semua pihak baik itu unsur pemerintah  hingga masyarakat, semuanya harus berperan aktif dalam upaya pengendalian penduduk.

    Laju pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali dapat berpengaruh pada pembangunan secara menyeluruh, terutama terkait dengan kualitas sumber daya manusia. Masalah kependudukan dapat memicu pula tumbuhnya berbagai persoalan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup, seperti tingginya angka kriminalitas, ketahanan pangan, pemenuhan kebutuhan energi, kesehatan dan masalah yang lainnya.

    "Terkait pelaksanaan program KB-Kesehatan  agar dalam pelaksanaanya dapat dilakukan secara sinergis dengan program yang telah ditetapkan oleh pemerintah", pintanya.

    Sekda berharap, melalui pencanangan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan yang dilaksanakan Tahun 2011, harus dijadikan momentun peningkatan kualitas pelayanan KB dan kesehatan, khususnya bagi Ibu dan anak. Kegiatan ini juga harus menjadi tolak ukur peningkatan cakupan dan peningkatan kualitas pelayanan yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat.

    "Dengan melibatkan masyarakat, artinya masyarakat harus memahami benar bahwa program KB-Kesehatan merupakan bagian integral dari upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan bentuk upaya kongkrit dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya masyarakat harus benar-benar terlibat dalam kegiatan ini, sehinggga menyadari manfaat dari perogram tersebut. keterlibatan masyarakat secara aktif dalam program tersebut, dimaksudkan agar masyarakat turut peduli atas kondisi kesehatan, baik bagi dirinya ,anggota keluarganya dan lingkungan sekitar", tegas Sekda.

    Pelaksanaan program kesatuan gerak PKK-Kesehatan juga diharapkan agar dalam pelaksanaannya secara gradual dapat meningkatkan peran serta kaum pria dalam rangka keadilan dan kesetaraan gender di masyarakat.  Kegiatan tersebut juga harus difokuskan pada upaya-upaya yang secara langsung membantu kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan KB dan Kesehatan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus