Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Daerah Mampu kelola Carbon Trade

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/hutan.jpg

    BANDUNG-Dulu, Kementrian Kehutanan menetapkan bahwa untuk Pulau Jawa pengananan carbon trade dilakukan oleh pusat, artinya tidak dilakukan daerah. Padahal daerah juga bisa dan membentuk peraturan tentang carbon trading. Jika itu bisa dilakukan oleh daerah, maka daerah akan berlomba-lomba, jelas Wagub Jabar ketika ditanya wartawan, Senin (21/11) usai mengikuti sidang paripurna DPRD Jabar.

    Untuk Jawa Barat saja yang luas wilayah hijaunya mencapai 800 ribu hektar dan bisa dikembangkan hingga satu juta hektar, maka akan mendapat carbon trade yang nilainya jutaan dollar. Ini kan bermanfaat bagi daerah-daerah. Wagub mencontohnya untuk Kabupaten Garut, yang memiliki 80 % kawasan lindung namun belum merasakan ada manfaat secara langsung dari kondisi konservasi itu. Misalnya Garut menyumbang 80 % dari carbon trade semestinya mendapat subdsidi dari pusat, sehingga daerah-daerah lainyapun akan berlomba-lomba. Jika ada satu juta hektar pohon, maka nilai carbonya mencapai trilyunan.

    Kita harus dudukan dulu siapa pengelola hutan itu, apakah perhutani ?, bksda, swasta. Kita duduk sama-sama seperti pembagian dari migas ada semacam bagi hasil, demikian Wagub Jabar.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus