Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    LIPI Tengah Kembangkan Beberapa Teknologi Terapan Bidang Elektronika dan Telekomunikasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34661.jpg

    BANDUNG - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kini tengah mengembangkan beberapa teknologi terapan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kepala Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI, Budi Prawara menyebutkan peneletian bidang elektronika dan telekomunikasi itu untuk membantu aktivitas berbagai bidang seperti maritim, pertanian, pangan dan lain-lain. 

    "Intinya adalah untuk membantu aktivitas yang berkaitan dengan bidang maritim, pertanian, produk pangan, agar lebih memudahkan dan dapat terukur dengan presisi" ujarnya, Senin (30/9/2019).

    Menurutnya Beberapa penelitian yang sedang dikembangkan itu antara lain adalah 

    "Sistem sensor ini mampu mendeteksi logam berat dari limbah industri secara langsung" ujarnya.

    Penelitian lainnya menurut Budi di bidang magnetic sprator Sensor Terintegrasi Berbasis Cahaya untuk Deteksi Logam Berat. "Sistem sensor ini mampu mendeteksi logam berat dari limbah industri secara langsung" katanya. Dari beberapa jenis sensor, sensor berbasis cahaya mempunyai sensifitas dan elektivitas yang tinggi serta kebal terhadap interferensi. 

    Riset lain yang dilakukan LIPI adalah Magnetic Separtor yang merupakan sistem pendeteksi dan penangkap logam pengotor dalam produksi makanan dan minuman.

    "Saat ini kebutuhan magnetic separator masih impor dari luar negeri, itulah yang mendorong kami melakukan riset yang menghasilkan magnetic separator yang jauh lebih murah, rechargeable, dan dengan desain yang dapat menyesuaikan kebutuhan pasar" pungkas Budi. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus