Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Malabar, BNPB Diminta Kirimkan Heli Water Boombing

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34729.jpg

    BANDUNG - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diminta mengirimkan helikopter pemadam kebakaran (water boombing) untuk memadamkan kebakaran hutan di kawasan Gunung Puntang dan Malabar, Kabupaten Bandung yang terjadi sejak Jumat (4/10/2019). Tim pemadam dari berbagai unsur dan masyarakat sekitar tidak sanggup memadamkan karena lokasi yang sulit dijangkau.

    Ketua Harian Pusat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan mengatakan, lokasi kebakaran di kedua gunung tersebut sulit dijangkau sehingga petugas kesulitan untuk memadamkan. "Lokasinya terjal, sehingga sulit dituju. Anginnya juga kencang," kata Epi di Bandung, Senin (7/10/2019).

    Padahal, menurutnya petugas terkait dibantu masyarakat sekitar sudah dikerahkan untuk memadamkan api. "Tim dari Polsek, Koramil, Perhutani, dibantu 120 masyarakat peduli alam sekitar sejak hari pertama sudah berupaya. Namun karena lokasi kebakaran yang terjal, sukar dipadamkan tenaga manusia biasa," katanya.

    Epi yang juga Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat ini menuturkan, sekarang api semakin meluas di kedua gunung yang lokasinya berdekatan itu. Kebakaran ini setidaknya terjadi di 170 hektare hutan.

    Di wilayah Resort Pemangkuan Hutan Banjaran tepatnya di petak 21 seluas 30 hektare, serta di lokasi Pemanfaatan Hutan Sosial seluas 140 hektare. Dia menilai, kebakaran hutan ini terjadi akibat musim kemarau yang ekstrem.

    Bahkan, menurutnya di beberapa kabupaten/kota di wilayahnya sudah tidak turun hujan sejak tiga bulan berturut-turut. "Hanya di daerah-daerah yang berada di utara. Jadi saya percaya ini karena musim kemarau, cuaca esktrem," katanya.

    Lebih lanjut Epi katakan, kebakaran hutan kali ini merupakan yang keempat di Jawa Barat pada 2019. Sebelumnya, kebakaran serupa terjadi di  Gunung Ciremai (Kabupaten Kuningan dan Majalengka), Purwakarta, dan Gunung Guntur dan Kamojang, di Kabupaten Garut.

    Sejak musim kemarau ini, pihaknya langsung membentuk Pusat Pengendalian Kebakaran Hutan Jawa Barat. "Ketuanya kepala BPBD," katanya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus