Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Mapag Hujan, Antisipasi Dampak Hujan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34733.jpg

    BANDUNG- Sebagai bagian dari upaya untuk mengantisipasi dampah dari datangnya musim penghujan, Pemerintah Kota Bandung mengajak kepada seluruh masyarakat Bandung unttuk turut serta dalam program "Mapag Hujan".

    Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, salah satu yang dilakukan dalam program "Mapag Hujan" diantaranya mengangkat sedimentasi dan membersihkan sungai-sungai dari sampah yang bisa menghambat aliran air saat hujan tiba.

    "Program ini fokus mengangkat sedimentasi dan membersihkan sungai, ini menjadi bagian terpenting dalam menjaga lingkungan agar terhindar dari banjir," kata Yana, di Balai Kota Bandung, Senin (07/10).

    Menurut Yana, Pemkot Bandung telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir saat hujan, diantaranya memperbanyak sumur resapan, drum pori dan membuat kolam retensi. 

    “Rasa gotong royong masyarakat sangat tinggi, karenanya saya mangajak seluruh elemen masyarakat  bisa turut memeliharanya sehingga mampu mengantisipasi banjir," ucapnya.

    Yana berharap, dengan berbagai program yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan bisa meminimalisir kelebihan air di titik-titik tertentu di Kota Bandung saat hujan tiba.

    “Mudah-mudahan pada saat musim hujan, air itu bisa ditampung di kolam rentensi, sumur resapan serta drum pori, bisa meminimalisir kelebihan air di titik tertentu di Kota Bandung,” jelasnya. 

    Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi menyatakan, pembersihan sungai dan pengangkatan sedimentasi ini merupakan strategi jangka pendek,  sedangkan untuk jangka panjang dengan memperbanyak resapan seperti drum pori dan penghijauan. 

    “Mapag Hujan akan dilakukan secara serentak dan berkelanjutan selama tiga pekan mulai 9-31 Oktober,  untuk aksi pertamanya, pengangkatan sedimentasi dan pembersihan sungai akan dilakukan oleh tim dari Pemkot Bandung yang berasal dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," tuturnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus