Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    SBM ITB Gencarkan Pentingnya Big Data sebagai pendorong servis ekosistem di Era Ekonomi Digital

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34803.jpg

    BANDUNG,-Big data dalam konsep bisnis memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan agar dapat bersaing di industri. Pasalnya, saat ini industri menghadapi disrupsi teknologi, yang memicu perubahan akan pola ekonomi, manajemen, bisnis, sosial, pola politik, pola budaya.
     
    Wakil Dekan Sumber Daya SBM ITB, Dr. Aurik Gustomo, mengatakan bahwa big data berperan dalam memahami informasi demografi target dan preferensi pelanggan karena mampu menggambarkan bagaimana perilaku pelanggan secara praktis.
     
    "Jika dianalisis dengan benar, big data ini dapat digunakan untuk menemukan karakter pelanggan sehingga perusahaan dapat memanfaatkan wawasan ini untuk peningkatan produk, strategi bisnis, dan kampanye pemasaran untuk memenuhi keinginan pelanggan,"kata Aurik ketika ditemu di kampus SBM ITB, sabtu (12/10/2019)
     
    Meskipun masyarakat sudah mengetahui akan manfaat dari konsep big data. Namun, baru kali ini  pemanfaatan dan implementasi teknologi kecepatan dan efisiensi data dapat dianalisis. 
     
    "Ke depan data terstruktur maupun tidak, akan tumbuh secara substansial. Data itu akan dikumpulkan dan diperiksa untuk mengungkapkan wawasan yang tidak terduga bahkan membantu memprediksi masa depan,"paparnya
     
    Dia menyebutkan big data akan menjadi aset penting perusahaan sebab trend pemanfaatan big data di Indonesia diperkirakan akan semakin masif seiring dengan era digitalisasi. 

    Untuk dapat mengimplementasikan hasil dari big data Analytics juga diperlukan kolaborasi dari semua aktor yang terlibat dalam suatu lingkungan bisnis.

    Kami ingin membangun servis ekosistem yang diperkuat oleh big data untuk mendapatkan Sustainable Business Environment. 
     
    "Inilah yang akan menjadi manfaat besar bagi negara Indonesia, khususnya sektor ekonomi digital,"tegasnya
     
    Menangapi pentingnya big data dalam pertumbuhan perusahaan, SBM ITB menggelar acara “Leaders Forum and Alumni Sharing” dengan Topik “Applying Big Data to Empower Your Business” pada, Sabtu (12/10) di Auditorium SBM ITB, jl Ganesha, Kota Bandung.
     
    Aurik menjelaskan dengan mengusung tema Sub-tema ‘Applying Big Data to Empower Your Business’ diharapkan mampu memberikan insight praktis dan realistis bagi para praktisi Big Data. 
     
    "Memberikan pemahaman tentang fungsi Big Data dalam konteks bisnis
    Menyamakan persepsi akan peranan Big Data dalam membantu perusahaan agar mampu berkompetisi di era transformasi digital,"jelasnya
     
    Agenda Leaders Forum & Alumni Talks mengundang beberapa Ahli dan Praktisi Big Data yang berasal dari industri dan latar belakang berbeda.
     
    Beberapa narasumber yang hadir seperti Eko Agus Prasetio (Director of Management of Technology Laboratory SBM ITB), Manahan Siallagan (Director of Big Data Analysis and Social Simulation Laboratory SBM ITB) dan Rohit Kumar (CEO of Rosebay Consulting, Big Data Experts & Practitioners).
     
    "Masing-masing narasumber diharapkan mampu memberikan perspektif mengenai Big Data dengan sudut pandang berbeda, sesuai dengan best practice di perusahaan masing-masing sehingga dapat membantu pelaku usaha menyadari akan pentingnya implementasi big data bagi bisnisnya,"jelasnya
     
    Pada kesempatan yang sama, SBM ITB juga menandatangi nota kesepahaman (MoU) dengan dunia industri.
     
    Dekan SBM ITB Prof. Dr. Ir. Sudarso Kaderi Wiryono DEA mengatakan ruang lingkup dalam perjanjian tersebut meliputi penyelenggaraan berbagai recruitment di kampus atau career fair, magang (intership) untuk mahasiswa dan dosen. Lowongan pekerjaan (job fair), penulisan studi kasus, riset bersama, pelaksanaan workshop dan kuliah tamu (guest lecture) diberbagai bidang sesuai dengan kebutuhan.
     
    "Kerjasama yang akan berlangsung ini juga bisa memberikan dampak untuk ekonomi, sosial dan lingkungan, serta pengabdian kepada masyarakat,"pungkasnya (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus