Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Persembahkan Mundinglaya di Petunra 2019

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_34926.jpg

    Pangkal Pinang - Jawa Barat tampil sebagai kontingen penutup di hari pertama Festival Pertunjukkan Rakyat (Petunra) Tingkat Nasional Tahun 2019 pada hari Rabu 24 Oktober 2019. Kelima kontingen sebelumnya yaitu Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kepulauan Bangka Belitung dan Papua Barat menampilkan cerita unggulan masing-masing untuk dinilai oleh ketujuh juri yang kompeten di bidangnya. 

    Tidak kalah menarik dengan cerita yang ditampilkan kelima kontingen sebelumnya, Jawa Barat menampilkan cerita rakyat tanah Sunda yaitu Mundinglaya Dikusumah.  

    Dikisahkan dalam tatar Tanah Pajajaran. Prabu Siliwangi memiliki seorang anak bernama  Mundinglaya dan cucu bernama Sunten Jaya. Mundinglaya dan Sunten Jaya berumur sebaya, namun keduanya mempunyai karakter yang jauh berbeda. Mundinglaya rupawan juga baik budi pekertinya, sedangkan Sunten Jaya angkuh, manja dan suka menghasut. 

    Karena sifatnya, semua orang lebih menyayangi Mundinglaya, termasuk ibunya yang sangat memanjakannya. Sunten Jaya pun merasa iri. Akhirnya Sunten Jaya menyebarkan berita hoaks tentang Mundinglaya dan Ibunya yang membuat kekacauan di Kerajaan Pajajaran.

    Walaupun waktu sudah menunjukkan pukul 10 malam, tapi tidak menyurutkan antusiasme penonton untuk beranjak dari Alun Alun Taman Merdeka Kota Pangkal Pinang.

    Dukungan penuh didapatkan kontingen Jawa Barat dari Paguyuban urang Sunda di Pangkal Pinang dan Viking Pangkal Pinang yang hadir sesaat sebelum tim tampil diatas panggung.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus