Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Jabar Minta Siswa untuk Asah Kemampuan di Luar Pembelajaran Sekolah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35001.jpg

    KAB. MAJALENGKA --  Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, siswa harus memiliki tujuh skill atau keterampilan yang harus dimiliki di era Revolusi Industri 4.0.

    Tujuh skill yang tidak hanya bisa didapat dalam pembelajaran sekolah tersebut adalah berpikir kritis, kreatif, berorganisasi, terampil bernegosiasi, orientasi layanan, kecerdasan emosional, serta kemampuan dalam mengambil keputusan.

    "Skill-skill tersebut bisa dilatih di luar lingkungan sekolah, siswa harus terus meng-upgrade kemampuannya," kata Uu saat menghadiri acara puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-25 SMAN 1 Maja di Kabupaten Majalengka, Sabtu (2/11/19).

    Menurut Uu, tantangan yang akan dihadapi generasi muda adalah lompatan teknologi ke arah digitalisasi yang membutuhkan pendekatan-pendekatan kreatif. Hal ini penting agar para siswa mampu menyelesaikan tantangan zaman dengan cara unik.

    Selain itu, Uu juga memaparkan Jabar Masagi yang merupakan program pendidikan karakter masyarakat Jabar untuk melahirkan manusia unggul yang memiliki iman, ilmu, akhlak, dan kesehatan.

    Jabar Masagi ini mengoptimalkan potensi kearifan lokal melalui empat aspek yaitu niti surti (belajar untuk merasakan), niti harti (belajar untuk mengetahui), niti bukti (belajar untuk melakukan), dan niti bakti (belajar untuk hidup bersama). 

    "Ini harus didukung oleh semua pihak khususnya sekolah negeri di bawah naungan kita dan kepala sekolah punya tugas mulia untuk mengawalnya," kata Uu.

    Pemerintah Daerah Provinsi Jabar pun, lanjut Uu, terus meningkatkan fasilitas atau sarana sekolah khususnya SMU/SMK agar dapat menunjang kebutuhan perkembangan zaman dan meningkatkan mutu pendidikan.

    "Saya sudah mencatat keperluan sarana di SMAN 1 Maja dan akan kami perjuangkan karena kami sangat fokus pada dunia pendidikan," ujar Uu.

    Di acara puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-25 SMAN 1 Maja ini, sebanyak 1.200 siswa dan alumni hadir dalam doa bersama dan pertunjukkan seni budaya serta aksi kreativitas lainnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus