Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Sukabumi Dorong Petani Berinovasi Tingkatkan Nilai Tambah Produksi Pertanian

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35163.jpg

    Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri acara Gerakan Panen dan Tanam Bawang Merah dalam rangka meningkatkan produktivitas dan mutu tanaman hortikultura berkelanjutan di Kabupaten Sukabumi, Selasa (12/11). Kegiatan yang digagas oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi ini bekerjasama dengan Kelompok Tani Tegal lega Desa Loji Kecamatan Simpenan Pelabuhanratu dengan tujuan untuk dapat menghitung jumlah produksi hasil tanam para petani.

    Menurut Kepala Dinas Pertanian, Ir. Sudrajat, kegiatan ini dilaksanakan untuk mutu tanaman hortikultura khususnya bawang merah. "Luas lahan pertanian tanaman bawang merah yang dipanen sekitar 1000 M2, luas lahan yang dipanen dikelompok tani tegallega 1000 M2 dan untuk keseluruhan luas tanah bawang merah di kecamatan simpenan yaitu 17,5 Ha" jelasnya.

    Bupati sangat mengapresiasi dengan kerja keras para petani untuk terus mengembangkan bawang merah di Kabupaten sukabumi. "Semoga acara pada hari ini bukan sekedar seremonial semata, melainkan benar-benar dapat memotivasi petani untuk meningkatkan produksi hasil pertanian khususnya bawang merah dan melakukan percepatan olah tanah dan tanam sehingga sasaran produktivitas dapat tercapai" Ungkapnya.

    Menurut Bupati, Pemerintah akan terus mendorong para petani dalam mengembangkan bawang merah supaya lebih intensif dan produktif. "Para petani harus bisa berinovasi untuk mengolah bawang merah ini, jangan hanya pas panen langsung dijual namun bagaimana nanti kita akan dorong para petani untuk berinovasi untuk menciptakan olahan-olahan berbahan dasar bawang merah, agar nilai jual bawang merah akan lebih baik dan kesejahteraan bagi para petanipun akan terus meningkat".
     

    Pada kesempatan tersebut Bupati Sukabumi beserta jajajaran perangkat daerah kabupaten Sukabumi secara langsung ikut memanen Bawang merah dan menanam kembali bawang merah dilahan yang sudah dipanen sebelumnya. Tak hanya itu, Bupati juga menyerahkan Bantuan Berupa Pupuk Organik padat dan cair serta memberikan bubuk bening bawang kepada para petani.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus