Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Cieunteung Terendam Akibat Pendangkalan Citarum

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/sungai-citarum.jpg

    KAB. BANDUNG – Kampung Cieunteung terendam kembali banjir Selasa (29/11). Terendamnya Cieunteung karena pendangkalan Citarum di sekitar kampung itu. Dari pantauan Jabarprov.go.id, muka air Citarum semakin meninggi akibat hujan yang turun sejak Senin sore. Meningginya muka air Citarum itu juga mengakibatkan saluran pembuangan air dari pemukiman ke sungai Citarum menjadi tidak berfungsi, karena tinggi muka air Citarum kini lebih tinggi dari dataran pemukiman penduduk di Cieunteung.

    “Ini salah satu akibat dari pendangkalan Citarum. Kalau Citarumnya tidak dangkal seperti sekarang, saluran buangan air dari pemukiman pasti bisa mengalir dari pemukiman ke sungai. Bukan saja saluran pembuangan air perumahan, tetapi kalau hujan mengguyur daerah ini kan air hujannya jadi tertahan di pemukiman, karena tidak bisa mengalir terbuang ke Citarum” ujar salah seorang tokoh warga Agus Solehudin.

    Oleh karena itu Agus mempertanyakan tentang pengerukan Citarum yang hingga kini belum terealisasi. Padahal, pencanangan pengerukan itu sudah dilakukan langsung menteri PU di kawasan Cieunteung awal bulan lalu.

    “Sebagai masyarakat awam, saya jadi heran mengapa belum dikeruk juga? Padahal kan pencanangan pengerukan sudah dilakukan di seberang kampung kami, oleh menteri PU awal bulan lalu. Saya dapat informasi dari pekerja proyek katanya harus diukur-ukur dulu. Kenapa tidak dari dulu diukurnya?” tanya Agus.

    Warga Cieunteung menghawatirkan jika hujan terus turun dalam beberapa hari, maka banjir akan semakin meninggi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus