Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    YBJ Targetkan Tahun 2012 Seluruh Kota/Kabupaten di Jabar Mempunyai Ciri Khas Batik

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/sendy1.jpg

    Yayasan Batik Jabar (YBJ) dalam rangka melestarikan batik sebagai warisan budaya bersama dengan Pemerintah Daerah terus gencar melakukan pembinaan dan pengembangan batik asal Jabar. Melalui upaya tersebut, diharapkan dalam tahun 2012 mendatang ciri khas dari masing-masing Kabupaten/Kota di Jabar seluruhnya dapat berkembang. Hal demikian, ditegaskan Ketua YBJ, Ny Sendy Yusuf dalam keterangannya kepada wartawan di sela-sela pembukaan pameran batik Jabar di Paris Van Java, Jalan Sukajadi Kota Bandung (30/11).

    Ny Sendy, lebih lanjut memaparkan di tahun 2008, ciri khas batik baru berkembang di 10 Kabupaten/Kota di Jabar. Dari 10 Kabupaten/Kota tersebut, diantaranya khas batik sudah berkembang bagus di Tasikmalaya dan Garut.

    Dalam rangka mengembangkan ciri khas batik di seluruh daerah di Jabar, berbagai pelatihan terus diselenggarakan khususnya untuk para pelaku usaha batik. Demikian juga untuk pengembangan pemasaran juga terus dilakukan pembinaan.

    Batik asal Jabar, dibuat oleh pengrajin-pengrajin batik mempunyai keunikan sehingga kendati ada batik yang didatangkan melalui impor seperti dari Negara Cina, batik asal Jabar optimis tidak akan tergangggu karena batik yang dibuat dengan cara ditulis.

    Sementara itu, batik asal impor pada umumnya dibuat melalui pola printing sehingga dari sisi kualitas batik asal Jabar akan lebih bagus, ujar Ny Sendy mengakhiri keterangannya. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus