Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dinas Kehutanan Jabar Sebar 11 Juta Bibit Pohon

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35284.jpg

    BANDUNG- Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintan Provinsi Jawa Barat dalam hal ini Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat untuk menjaga dan menambah luas hijau di wilayah Jawa Barat.

    Kepala Bagian Perencanaan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Aris Dwi Sugiantoro mengatakan, pihaknya akan menyebarkan sekitar 11,46 juta bibit pohon ke sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat.

    "Di Bogor kita sebar 1 juta bibit, di Pelabuhan Ratu 1 juta, di Cimanggis Depok 1 juta, Jomin Purwakarta 1 juta, Garut 1 juta dan di Kadipaten ada 500 ribu," kata Aris, dalam acara  diskusi bertema "Pentingnya Pohon dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan dan Kehidupan', di Kebun Binatang Bandung, Kamis (21/11).

    Di acara yang diselenggarakan Komunitas Pohon Indonesia (KPI) bekerjasama dengan Kelompok Kerja Wartawan Gedung Sate dalam rangka memeringati Hari Pohon se-Dunia 2019, Aris menyatakan jumlah bibit pohon ini akan lebih banyak karena Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pun menyiapkan 5,5 juta bibit pohon untuk ditanam di persemaian permanen.

    "Saat ini di wilayahnya terdapat 714 ribu hektare lahan kritis. Kalau mampunya 10 ribu hektare per tahun, berarti 70 tahun baru selesai lahan kritis," ucapnya.

    Aris menyatakan, untuk menjaga hutan tetap terjaga dengan baik, pihaknya meminta peran serta masyarakat dalam penghijauan lahan kritis, karena kepedulian masyarakat akan sangat penting dalam menjaganya.

    "Peran masyarakat harus tetap tinggi, sehingga pemulihannya jauh lebih bagus," ujarnya.

    Sementara itu, Ketua Komunitas Pohon Indonesia (KPI), Dadi Ardiwinata mengatakan, keterlibatan masyarakat harus lebih besar lagi porsinya dan mengimbau masyarakat agar tetap membiasakan untuk menanam pohon.

    "Saat ini masyarakat kurang dilibatkan dalam pemulihan lahan kritis yang dilakukan pemerintah. Keterlibatan masyarakat harus lebih besar lagi porsinya. Tiap orang nanam pohon satu saja, berarti ada berapa ratus juta pohon baru," pungkasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus