Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ikuti Rakornas, Bupati; Kesesuaian RPJMD dan RPJMN, Strategi Percepatan Pembangunan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35292.jpg

    Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia gelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forkompinda Tahun 2019 di Sentul International Convention Centre (SICC) Bogor, Rabu (13/11). Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, membuka secara resmi acara yang bertujuan untuk menyamakan Visi Pembangunan 2020-2024 tersebut. Rakornas yang mengusung tema
    "Sinergi Untuk Indonesia Maju" di-ikuti oleh Seluruh Pimpinan Daerah baik Propinsi, Kabupaten/Kota serta Forkopimda Propinsi Kabupaten/Kota Se-Indonesia

    Dalam amanatnya, Presiden Jokowi meminta Pemerintah Daerah dan Forkopimda untuk menjalin komunikasi yang harmonis untuk menguatkan sinergitas dalam mendukung program pembangunan. “Komunikasi Gubernur dengan Kapolda, Pangdam, Kajati, Kepala Pengadilan Tinggi penting sekali untuk dibangun, hubungan harmonis seperti itu akan mempengaruhi tensi di daerah, kalau ada masalah dan ada yang tidak rukun, satu saja akan menjadi masalah besar dalam menangani problem di daerah begitupun Bupati/Walikota juga harus menjalin hubungan yang baik dengan Forkopimda,” ucap Presiden.

    Ditempat yang sama, Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian Menegaskan tujuan Rakornas Forkopimda Adalah untuk menyinergikan dan menyelaraskan visi misi dan rencana pembangunan lima tahun kedepan antara Presiden dengan Pemerintah Daerah se-Indonesia, Sehingga ada kesesuaian program. "Meskipun Pemerintah Daerah bersifat otonom, tapi semua diikat dalam satu negara, sehingga tetap harus ada keselarasan mengenai program-program setiap Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat" tegasnya. lebih lanjut Mendagri Menjelaskan, ada lima program prioritas Presiden dan Wakil Presiden, yaitu pembangunan sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan dan pendidikan, pembangunan infrastruktur, penyegaran regulasi, reformasi birokrasi serta Transformasi ekonomi.

    Usai acara Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami Menyatakan, merujuk hasil Rapat Koordinasi, kedepan perlu adannya konsolidasi ditingkat Pusat dan Daerah serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah harus bisa menyesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Pusat sehingga pada Pelaksanaannya terjadi percepatan pembangunan. "Yang jelas di Daerah, RPJMD harus menyesuaikan dengan RPJMN, mudah-mudahan dengan Hal tersebut kita bisa menjawab tantangan pembangunan" ungkapnya. Setelah semua sesi acara selesai dilaksanakan, Rapat Koordinasi Nasional ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Maruf Amin.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus