Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hadang, Permainan Tradisional Yang Dilombakan di Pospenas

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35375.jpg

    BANDUNG – Tim Hadang putra dan putri asal Jawa Barat kembali turun dalam babak penyisihan grup pada nomor seni Pospenas 2019 di GOR Arcmanik Kota Bandung, Rabu (27/11).

    Pada pertandingan antara tim putri Hadang Jawa Barat melawan Kepulauan Riau berakhir dengan skor 119 untuk Jabar dan nol untuk Kepulauan Riau. Sementara tim putra Jabar bertanding melawan Lampung, dan lagi-lagi tim Hadang Jabar menang telak dengan skor 142 dan Lampung Nol.

    Permainan Hadang adalah salah satu cabang  tradisional yang dipertandingkan pada event Pekan Olah Raga dan Seni antar Pondok Pesantren (POSPENAS). Permainan Hadang memiliki banyak sebutan nama. Sebagian masyarakat di daerah Jawa lebih mengenalnya dengan sebutan Gobak Sodor, di Jakarta disebut dengan Galah Asin, Makassar dikenal dengan Main Asing dan atau didaerah lainnya punya sebutan nama tersendiri.

    Masuknya permainan Hadang dalam Pospenas untuk kembali melestarikan permainan tradisonal atau rakyat. Meski berupa permainan, namun unsure olah raga melekat didalamnya. Dimainkan secara tim, untuk memenangkan pertandingan butuh kekuatan fisik, kelincahan dan kecepatan serta semangat juang.

    Permainan hadang dimainkan secara beregu dengan jumlah anggota regu sebanyak 8 orang yang terdiri dari 5 orang pemain inti serta 3 orang cadangan. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus